Kantor Berita Kalimantan

DPD KNPI Terima Pelatihan Leadership Dan Enterpreneurship Inspiratif Ketua DPRD Banjar

Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi narasumber pelatihan leadership dan enterpreneurship DPD KNPI Kabupaten Banjar.

MARTAPURA – Ketua DPRD Kabupaten Banjar H Muhammad Rofiqi menjadi pembicara inspiratif bisnis untuk pengusaha muda di pelatihan leadership dan enterpreneur KNPI Kabupaten Banjar, Sabtu (1/10/2022) sore.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan leadership (Kepemimpinan) di Hotel Aston, Gambut Kabupaten Banjar.

Pelatihan yang digelar kumpulan organisasi kepemudaan di Kabupaten Banjar ini menghadirkan Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi sebagai salah satu narasumber. Namun, ia hadir bukan sebagai Ketua DPRD Banjar, tetapi sebagai praktisi bisnis yang terbilang berhasil.

Muhammad Rofiqi dalam pemaparannya menyampaikan tentang pentingnya punya inovasi dalam menjalankan sebuah bisnis. Ia juga menyampaikan kepada para peserta yang hadir untuk memulai usaha dengan perhitungan yang matang agar tidak jatuh merugi, bahkan Bangkrut. 

Screenshot_2022-10-01-16-25-28-91_99c04817c0de5652397fc8b56c3b3817
Peserta pelatihan leadership DPD KNPI Kabupaten Banjar mengikuti pemaparan Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi.

“Harus punya langkah berani untuk memulai usaha atau bisnis, dan jangan terlalu banyak berpikir saja, tetapi yang penting tindakan atau eksekusi,” jelasnya.

Pada kesempatan ini ia mencontohkan sejumlah keberhasilan para pebisnis dunia dan orang terkaya di dunia yang berhasil karena bisnis yang dilakukan. Selain itu ia sampaikan cerita singkat bagaimana ia memulai bisnis, hingga berhasil sampai sekarang.

Sedangkan terkait permodalan seperti yang banyak dikeluhkan pebisnis pemula dan jadi pertanyaan peserta pelatihan enterpreneurship, beber Rofiqi, hal itu sudah jamak terjadi. Apalagi terhadap pengusaha atau pebisnis pemula, karena biasanya untuk pinjaman permodalan itu prosesnya rumit dan berliku.

“Saya akui peran Pemda untuk membantu permodalan UMKM atau pebisnis masih jauh dari harapan. Biasanya pinjaman permodalan itu lebih banyak diberikan kepada pengusaha yang sudah sukses berjalan,” ungkap ketua Ikatan Alumni Undip Semarang Kalsel.

Sekrataris DPD KNPI Kabupaten Banjar Muhammad Wahyu Pratama serahkan piagam penghargaan kepada Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi.

Pada sesi tanya jawab dengan para peserta pelatihan DPD KNPI Kabupaten Banjar, semua pertanyaan dijawab pengusaha muda ini dengan gampang, sebab apa yang dialami dan menjadi pertanyaan para peserta ia alami sendiri.

“Saya disini hanya berbagai pengalaman agar para anak muda yang terjun ke bisnis bisa menjadi sukses, meski banyak kendala di lapangan. Sedangkan kepada peserta pelatihan yang sudah punya usaha dan terkendali permodalan atau pinjaman ke Bank, saya siap bantu dengan personal guarantee, ya maksimal Rp 50 juta,” tegas Ketua DPRD Banjar ini.

Kemudian Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Banjar Muhammad Januar Sahib menyampaikan, kehadiran Ketua DPRD Banjar Muhammad Rofiqi sebagai narasumber adalah sesuatu yang luar biasa. Hal itu, karena pemaparan yang disampaikan kepada para peserta pelatihan leadership dan enterpreneurship sangat mudah dipahami.

Karena itu, ungkap Muhammad Januar, pihaknya atas nama DPD KNPI Kabupaten Banjar mengucapkan terima kasih, sebab sangat menginpirasi para peserta.

“Apa yang disampaikan Pak Muhammad Rofiqi itu sangat Inspiratif dan memberi semangat kepada kami para pemuda untuk terjun ke dunia usaha atau bisnis,” pungkasnya.

Pelatihan leadership KNPI Kabupaten Banjar ini dipimpin Ketua DPD KNPI Kabupaten Banjar Rahmat Saleh dan mendapat dukungan Pemkab Banjar.

Exit mobile version