Pemko Palangka Raya Dapat Dukungan Penuh Para Wakil Rakyat Di DPRD Untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla, Rabu (3/3/2021).

Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengatakan, DPRD setempat akan mendukung penuh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dalam melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021.

Menurut Sigit, sebagaimana yang telah dimandatkan oleh Presiden RI, maka bencana karhutla serta kabut asap, harus dicegah meskipun saat ini masih belum memasuki musim kemarau.

“Ini tantangan kita kedepannya, terlebih beberapa daerah di Sumatera dan provinsi lainnya sudah terjadi karhutla, nah kewajiban kita untuk mencegah jangan ada lagi karhutla atau kabut asap seperti sebelum-sebelumnya,” uja Sigit, usai mengikuti apel gabungan siaga karhutla, Selasa (2/3/2021) pagi.

BACA JUGA :   Harga Cabai Rawit Tembus Rp 80 Ribu Di Palangka Raya

Dikatakan, meski kota Palangka Raya masih dilanda pandemi covid-19, akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk tetap berkomitmen mencegah terjadinya karhutla.

“Iya, refocusing anggaran tengah dihadapi oleh pemko untuk percepatan penanganan covid-19, akan tetapi ancaman karhutla jangan sampai dilupakan,”ujar legislator PDI Perjuangan ini.

Harus disadari jelasnya, karakteristik alam Kota Palangka Raya didominasi oleh lahan gambut serta perwajahan hutan yang masih lebat. Terlebii adanya budaya membersihkan lahan dengan cara membakar pada musim kemarau, sehingga berpotensi besar terjadi karhutla.

“Kalau permasalahan anggaran, bisa kita pikirkan bagaimana membagi antara penanganan covid-19, pencegahan karhutla dan pelaksanaan pembangunan daerah. Disinilah DPRD akan hadir membantu pemerintah kota,”tandas Sigit.

BACA JUGA :   Pelantikan Ormas PEMAAF di Kota Tarakan

sumber : (MC. Isen Mulang.1/wspd)

 

Marhaban Ya Ramadan 1442 H