Kantor Berita Kalimantan

Efek Pesta Demokrasi Pemilu 2024 Daya Beli Masyarakat Meningkat

KBK.NEWS, MARTAPURA – Pasar-pasar di Kabupaten Banjar dan kabupaten/kota lainnya di Kalsel menjadi ramai pembeli dan pedagang kebanjiran rejeki dari efek pesta demokrasi Pemilu 2024, Sabtu (17/3/2024).

Efek pesta demokrasi Pemilu 2024 mengakibatkan daya beli masyarakat meningkat tajam. Hal tersebut terpantau pasar – pasar di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan dipenuhi para pembeli dan para pedagang turun kebanjiran rejeki.

“Alhamdulillah Bang, sejak hari Jumat kemarin (9/2/2024) saya sebagai pedagang keliling merasakan kenaikan daya beli masyarakat,” jelas Rahman, pedagang keliling di Pasar Mingguan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Sabtu (17/3/2024) pagi.

Pasar Tradisional di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dipenuhi pembeli.

Menurut Rahman, biasanya yang agak ramai pembeli di tanggal muda setiap bulan,tetapi ini daya beli masyarakat meningkat tajam sebagai efek dari Pemilu 2024.

“ Tapi Bang, ini biasanya terjadi hanya sepekan setelah pemilu, selebihnya kembali normal. Ini artinya kami juga kebanjiran rejeki dari efek pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2024,” ujar pedagang keliling yang menjual aneka jam tangan, dompet, kacamata dan lainnya ini.

Seorang ibu rumah tangga yang sedang belanja di pasar tradisional di Pasar Sungai Tabuk membenarkan, bahwa ia mendapat bagian dari efek demokrasi. Ia mengaku sebagai saksi dan tim sukses salah seorang caleg mendapat honor yang merupakan jerih payahnya selama bertugas.

“Inggih ulun mendapat rejeki tambahan bersama keluarga, karena menjadi tim sukses dan saksi salah seorang caleg dan kami dapat honor. Duitnya kami belikan untuk keperluan keluarga termasuk membeli baju daster hari ini,” ujar salah seorang ibu rumah tangga yang minta namanya tidak dituliskan di media.

Pasar tradisional dipadati pembeli efek dari pesta demokrasi Pemilu 2024.

Berdasarkan sejumlah pantauan langsung di pasar tradisional, hingga di pasar tungging (pasar malam) di kecamatan Sungai Tabuk terlihat pasar lebih ramai pembeli dibanding hari – hari biasa sebelum Pemilu 2024.

Kepadatan pembeli juga terpantau di di beberapa pusat perbelanjaan di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Pemandangan kepadatan para pembeli di pusat perbelanjaan ini diduga masih terkait dengan efek Pesta Demokrasi Pemilu 2024.

 

Exit mobile version