Site icon Kantor Berita Kalimantan

EKONOMI KABUPATEN BANJAR

POTENSI EKONOMI BANJAR DILIRIK INVESTOR
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menegaskan, dalam menghadapi era perdagangan bebas dan investasi global, ekonomi daerah akan menjadi kekuatan penting dalam mendukung ekonomi secara nasional.
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar perhelatan akbar bertajuk “International Trade and Investment Summit 2013” (AITIS 2013) di JIExpo Kemayoran, Rabu hingga Jumat (15-17 Mei) lalu. Ajang ini mempertemukan para kepala kabupaten di Indonesia sebagai bagian dalam mempersiapkan pemerintah kabupaten menghadapi era perdagangan bebas dan investasi global.
Gelaran pameran ini diikuti 70 kabupaten termasuk Kabupaten Banjar dari Kalsel, lima provinsi, tujuh kota, tujuh kementerian, dan 21 perusahaan di tingkat kabupaten di seluruh Indonesia.
AITIS 2013 secara resmi dibuka Menteri Perekonomian Hatta Rajasa. Dalam sambutannya, Hatta menekankan pentingnya acara ini sebagai ajang meningkatkan pertumbuhan ekonomi, investasi dan daya saing daerah.
Untuk itu, Pemkab Banjar pun turut berperan serta berpameran di Hall A No. 233 & 234 dengan mengikutsertakan perajin batu aji dari Martapura dan instansi terkait seperti Bagian Ekonomi Setda Banjar, Badan Pelayanan dan Perijinan Terpadu (BP2T) Kabupaten Banjar dan PD Baramarta.
Alice Mageza, Duta Besar Zimbagwe dari Afrika pun tertarik dan membeli seperangkat perhiasan batu permata dari Martapura. Ia begitu kagum terhadap kekayaan alam dan keindahan karya seni masyarakat Banjar tersebut.
Tidak ketinggalan, pengusaha dan wirausaha muda Tangerang Jawa Barat, M. Aufar Sadat Hutapea, yang juga suami dari artis keturunan Banjar Olla Ramlan tersebut, mengunjungi stand pameran Kabupaten Banjar untuk beramah tamah dan berusaha mengenal lebih dekat perkembangan perekonomian daerah Kabupaten Banjar.
Farida Ariyati, Kasubbag Perekonomian Setda Banjar, menerangkan, event ini merupakan sarana Pemkab Banjar menjemput bola.
“Daerah bisa memperkenalkan kapasitas dan kemampuan daerahnya secara langsung kepada pelaku usaha baik investor dalam maupun luar negeri,” jelasnya.
Selain dimeriahkan dengan kegiatan pameran, dalam pelaksanaan AITIS 2013 juga digelar forum bisnis membicarakan sektor energi dan pertambangan, pertanian dan kelautan, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta sektor infrastruktur.

Exit mobile version