Site icon Kantor Berita Kalimantan

Expo Ponpes 2024 Se – Kalsel Digelar di Martapura

KBK.NEWS – Sebanyak 50 Pondok Pesantren (Ponpes) berkumpul di Kota Martapura guna memperingati Hari Santri Nasional dan menggelar Expo Ponpes se – Kalsel, Selasa (22/10/2024).

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) menggelar Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Selasa (22/10/2024) sore.

Pembukaan acara ini dilakukan Pjs Bupati Banjar, Akhmad Fydayeen, dan  turut dihadiri unsur Forkopimda, Rais Syuriah PCNU beserta ketua dan pengurus, para kepala SKPD, Kepala Kemenag Banjar, serta perwakilan dewan guru dan santri pondok pesantren se- Kalsel.

Pjs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional tahun 2024. Ia juga mengucapkan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung kesuksesan pelaksanaan hari santri nasional di Kabupaten Banjar.

“Hari ini kita bersama sama merayakan semangat dan kegigihan para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan. Semoga momentum Hari Santri menggugah semangat dan keberanian para santri dalam berbakti dan mengabdi demi Indonesia tercinta, khususnya untuk Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Ali Husein Al Idrus menerangkan sejarah tentang penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Menurutnya, hal tersebut berdasarkan resolusi jihad yang dicetuskan oleh pendiri NU,  KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

“Resolusi jihad ini menyerukan kewajiban umat islam untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari ancaman penjajah. Berkat jasa dan perjuangan santri dan pesantren yang ikut terlibat dalam perjuangan di masa lalu, maka pemerintah menetapkan hari santri untuk diperingati setiap tahunnya,” jelasnya.

Peringatan Hari Santri Nasional 2024 yang mengusung tema “Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan” di Kota Martapura, Kabupaten Banjar  diikuti 50 peserta dari ponpes se-Kalsel.

Guba memeriahkan Hari Santri ini digelar sejumlah kegiatan selama 6 hari dari 22 – 27 Oktober  2024. Kegiatan yang digelar, yakni apel, festival habsyi, musabaqah tilawatil quran, musabaqah tilawatil kutub, musabaqah khattil quran, kirab santri, pidato bahasa arab, expo ponpes se-Kalsel,  dan bahtsul matsail.

Exit mobile version