Gerakan IKM Peduli bagikan bantuan nasi bungkus bagi para pengungsi korban banjir di sejumlah lokasi di Kabupaten Banjar, Jumat (15/1/2021).

Banjir yang kini sedang melanda di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar telah merendam puluhan ribu rumah penduduk. Ssbagian penduduk terpaksa mengungsi karena rumah mereka sudah tidak bisa ditempati akibat tingginya air di dalam rumah.

Terkait dengan bencana banjir ini Keluarga Besar CV Intan Karya Mandiri (IKM) yang dipimpin H Rusli melakukan gerakan peduli korban banjir. Gerakan yang dilakukan diantaranya dengan menyiapkan ambulan dan mobil evakuasi korban banjir dan membagikan nasi bungkus.

Kemarin Gerakan IKM Peduli yang dipimpin mantan Ketua DPRD Banjar ini membagikan 2000 ribu nasi bungkus untuk korban banjir di Kota Martapura. Pembagian nasi bungkus ini dilakukan secara langsung oleh Tim Gerakan IKM peduli Hj Amah, H Agus dan H Udin.

Lokasi pertama pembagian nasi bungkus dilakukan di tempat pengungsian di Masjid Agung Al Mukaramah Martapura. Di lokasi ini terlihat ratusan pengungsi menempati lantai 2 masjid dan sebagian diantaranya manula serta balita, bahkan ada yang sakit.

Selanjutnya pembagian nasi bungkus dilanjutkan ke wilayah Kecamatan Martapura Barat. Pembagian nasi bungkus untuk sejumlah titik ke Kecamatan Martapura Barat ini sempat terkendala akibat tinggi air di wilayah ini.

Kemudian agar bantuan nasi bungkus untuk korban banjir di Kecamatan Martapura Barat ini bisa dilakukan setelah dibantu para prajurit TNI Angkatan Laut (AL) Lantanal Banjarmasin. Melalui prajurit TNI AL ini distribusi bantuan diteruskan kepada para korban banjir di sejumlah titik di Kecamatan Martapura Barat.

“Alhamdulillah bantuan nasi bungkus dan roti kepada para pengungsi korban banjir. Ini adalah bentuk kepedulian H Rusli melalui Gerakan IKM Peduli untuk membantu meringankan beban para korban banjir,” jelas H Udin, Koordinator Gerakan IKM Peduli, Kamis (14/1/2021).

Menurut Udin, bantuan yang diberikan Keluarga Besar IKM yang dipimpin H Rusli untuk masyarakat korban banjir akan tetap dilanjutkan. Selain itu juga disiapkan satu unit ambulan dan 1 unit minibus untuk evakuasi korban banjir.

“Gerakan IKM Peduli akan terus berupaya membantu korban bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, bahkan kebakaran. Gerakan IKM Peduli merupakan gerakan kemanusiaan atas inisiatif Keluarga Besar H Rusli dan diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Banjar,” Pungkas H Udin.

 

Marhaban Ya Ramadan 1442 H