Site icon Kantor Berita Kalimantan

GERAKAN PENGHIJAUAN DI KABUPATEN BANJAR

Bupati Khairul Motori Gerakan Kampung Hijau
Kerja keras Pemerintah Kabupaten Banjar untuk mewujudkan lingkungan bersih dan hijau terus dilakukan.  Anugerah Adipura yang telah diraih selama  dua tahun berturut-turut 2012/2013, menjadi bukti betapa kokohnya kebersamaan masyarakat   setempat  peduli  terhadap kebersihan.  
Imbauan agar masyarakat peduli kebersihan lingkungan semakin kencang digaungkan pemerintah daerah  yang dimotori Bupati Sultan H Khairul Saleh.  Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Kimpraskot Banjarmasin itu langsung turun lapangan menyemangati masyarakat.
“Kegiatan penghijauan dan pemeliharan sarana permukiman harus terus kita galakan agar lingkungan  tetap bersih dan sehat.  Terima kasih saya ucapkan kepada  masyarakat dan pengurus RT/RW  di kampung hijau ini dalam membangkitkan semangat gotong royong masyarakat,” ucap Bupati Khairul Saleh saat mengunjungi Kampung Hijau,  di Jl Sintuk, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura Kota, Rabu (30/10).
Bupati mengharapkan penghargaan adipura yang telah didapatkan daerah selama dua tahun berturut-turut semakin mendorong partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama di permukiman  masing-masing.
“Meski adipura bukan bukan tujuan akhir bahkan daerah kita bakal meraih penghargaan Adipura  Kencana 2014 ,  namun semangat dan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan tidak boleh kendur,” harapnya.
Dalam kunjungan lapangan di Kampung Hijau seperti  Jalan Sintuk dan Jalan  Albasia, Kecamatan Martapura Kota didampingi Sekda H Nasrun Syah dan sejumlah pejabat terkait, Bupati Khairul Saleh,  meminta Dinas Perumahan untuk memperhatikan sarana dan prasarana di permukiman warga.
“Tolong kampung ini lebih kita  perhatikan dengan prioritas perbaikan badan jalan dan fasilitas lain sebagai apresiasi pemerintah daerah terhadap  kepedulian masyarakat dalam  menjaga kebersihan dan penghijauan,” pinta Bupati kepada pejabat teknis yang ikut mendampingi.
Sekedar untuk diketahui,  selama kepemimpinan Bupati Sultan Khairul Saleh, pembangunan daerah berjuluk Serambi Mekkah semakin pesat.  Sebagai wujud apresiasi pemerintah terhadap kerja keras dan kreatif kepala daerah,  Bupati Khairul Saleh tercatat sebagai salah satu  kepala daerah yang memiliki penghargaan terbanyak.
Salah satu prestasi membanggakan adalah diraihnya penghargaan Adipura selama  dua tahun terakhir meski  selama 26 enam tahun menanti.  Baru di era kepemimpinan H Khairul Saleh mimpi masyarakat mendapat Adipura bisa diwujudkan.
Bupati Banjar ini juga tercatat sebagai kepala daerah yang peduli terhadap pelestarian budaya sebagaimana dirilis secara khusus oleh Majala Forbes Edisi Agustus  2012.   
Kiprah sosial dan budaya Khairul Saleh melalui Kesultanan Banjar turut mengharumkan negara dan Banua hingga ke mancanegara.  Melalui pengiriman duta seni Kesultanan Banjar di acara Tong Tong Fair 2011 dan 2012, di Belanda atas undangan Kementerian Pariwisata RI, masyarakat eropa sangat terkesan dengan penampilan duta seni budaya Banjar.
 Bahkan penghargaan terbaru di bidang lingkungan hidup, suami dari Dra Hj Raudatul Jannah ini dinobatkan sebagai   kepala daerah Peduli Masyarakat Sekitar Hutan Berbasis Agroforestri dari Indonesia Network Agroforestry Education (INAFE) diserahkan Ketua INAFE  Dr Ir Mahrus Aryadi, MSc,  di Acara Seminar Nasional Agroforestri ke-4  di Hotel Rodhita Banjarbaru, Sabtu 26 Oktober 2013.
 

Exit mobile version