Site icon Kantor Berita Kalimantan

Golkar Alihkan Dukungan Dari Saidi Mansyur Ke Syaifullah Tamliha

Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha

Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha

KBK.NEWS MARTAPURA – Politik di Kabupaten Banjar menjelang pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banjar bergerak cepat, Partai Golkar yang awal mendukung Bupati Banjar Petahana Saidi Mansyur mendadak berubah mendukung Syaifullah Tamliha, Senin ( 19/8/2024).

Akhir Bulan Juli 2024 lalu DPP Partai Golkar dengan menegaskan dukungannya kepada Bupati Banjar Petahana untuk berpasangan dengan kader Golkar Hj Yuliana untuk Pilkada Kabupaten Banjar 2024. Namun dukungan Partai Golkar tersebut mendadak dicabut DPP Partai Golkar, karena kader Golkar Hj Yuliani ditolak Saidi Mansyur untuk menjadi pasangannya sebagai Calon Wakil Bupati Banjar di Pilkada Kabupaten Banjar.

Penolakan Bupati Banjar Petahana H Saidi Mansyur diduga membuat Partai Golkar merasa tersinggung sehingga mencabut SK dukungannya. Hal tersebut terbukti dengan keluarnya surat dari DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan yang ditandatangani langsung Ketua DPD Partai Golkar Kalsel H Sahbirin Noor dan Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel Supian HK.

Surat dari DPD Partai Golkar Kalsel tersebut berbunyi sebagai berikut :

Memperhatikan dasar tersebut diatas, dan menindak lanjuti Surat Keputusan DPP Partai GOLKAR Nomor : Skep-829/DPP/GOLKAR/VII/2024, tanggal 31 Juli 2024 tentang
Pengesahan Pasangan Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah Dalam Rangka Mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar dari Partai
GOLKAR pada PILKADA Serentak Tahun 2024, atas nama saudara H. Saidi Mansyur sebagai Calon Bupati Banjar dan saudari Hj. Yuliani sebagai Calon Wakil Bupati Banjar
dari Partai GOLKAR, ternyata saudara H.Saidi Mansyur (Calon Bupati) tidak bersedia dan/atau menolak atas Penetapan saudari Hj. Yuliani sebagai Calon Wakil Bupati yang diusulkan dan ditetapkan oleh Partai GOLKAR.
Sehubungan hal tersebut, maka DPD Partai GOLKAR Provinsi Kalimantan Selatan telah mengambil sikap tegas dengan membatalkan atas Usulan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Banjar atas nama saudara H.Saidi Mansyur dan saudari Hj.Yuliani.
Selanjutnya DPD Partai GOLKAR Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Banjar, yaitu : a. Bakal Calon Bupati Banjar
: H. SYAIFULLAH TAMLIHA, S.Pi, MS

Wakil Bupati Banjar atas nama saudara H.Saidi Mansyur dan saudari Hj.Yuliani.
Selanjutnya DPD Partai GOLKAR Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan Bakal
Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Banjar, yaitu :

a. Bakal Calon Bupati Banjar : H. SYAIFULLAH TAMLIHA, S.Pi, MS

b. Bakal Calon Wakil Bupati Banjar : dr. DIAUDDIN, M.Kes dan kami memohon dan mengharapkan kepada DPP Partai GOLKAR kiranya Surat
Keputusan Penetapan dimaksud dapat terbit dalam waktu yang tidak begitu lama, mengingat semakin dekatnya waktu pendaftaran Calon Kepala Daerah ke KPU.

Atas keluarnya surat tersebut, maka SK dukungan Partai Golkar tersebut sangat berpeluang besar akan beralih dari H Saidi Mansyur ke H Syaifullah Tamliha.

Terkait dengan adanya surat dari DPD Partai Golkar Kalsel tersebut Calon Bupati Banjar H Syaifullah Tamliha menyambutnya dengan positif, Senin (19/8/2024).

“Tentu ini adalah hal positif bagi kami. Apalagi wakil saya; Dokter Diauddin memang berasal dari keluarga tokoh Golkar,” jelas politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syaifullah Tamliha.

Exit mobile version