Site icon Kantor Berita Kalimantan

Grand Final Festival Bacatuk Dauh 2023, Grup Baitul Huda Pekauman Tampil Sebagai Juara

MARTAPURA – Ribuan masyarakat padati Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, untuk menyaksikan langsung Grand Final Festival Bacatuk Dauh Tahun 2023, Selasa (11/4/2023) malam.

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie mengatakan, kegiatan Festival Bacatuk Dauh tersebut merupakan bukti nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar dalam melestarikan budaya Banjar.

“ Tradisi becatuk dauh, yang dulunya sering diperdengarkan di masjid dan mushala sebagai pertanda masuknya waktu solat, kini telah mulai terpinggirkan. Sirine telah menggantikan peran beduk dalam banyak tempat,” ujar Habib Iderus.

Sementara itu, Kepala Disbudporapar Kabupaten Banjar Haris Rifani menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka melestarikan kebudayaan atau tradisi dalam menyambut bulan suci Ramadan dan juga Hari Raya Idul Fitri.

“ Grand Final Festival Bacatuk Dauh dilaksanakan selama satu malam dan diikuti oleh 9 grup dari hasil babak penyisihan yang dilaksanakan sebelum bulan Ramadan,” sebutnya.

Berdasarkan keputusan para dewan juri Festival Bacatuk Dauh 2023, Grup Baitul Huda asal Pekauman menjadi juara pertama dengan skor 528 poin dan mendapatkan piala bergilir dari Bupati Banjar.

Muhammad Yusuf selaku senior Grup Baitul Huda mengaku senang atas raihan juara yang mereka dapat.

“Kita juga penuh perjuangan dan persiapan yang matang. Alhamdulillah bisa menampilkan dengan semaksimal mungkin dan menjadi juara I,” ucapnya.

Berdasarkan keputusan para dewan juri Festival Bacatuk Dauh 2023, Grup Baitul Huda yang berasal dari Pekauman menjadi juara pertama dengan skor 528 poin dan mendapatkan piala bergilir dari Bupati Banjar.

Muhammad Yusuf selaku senior Grup Baitul Huda mengaku senang atas raihan juara yang mereka dapat.

“Kita juga penuh perjuangan dan persiapan yang matang. Alhamdulillah bisa menampilkan dengan semaksimal mungkin dan menjadi juara 1,” pungkas Yusuf.

Kemudian, untuk pemenang Festival Bacatuk Dauh 2023, di antaranya juara II Al Munir asal Tunggul Irang Seberang (526 poin), juara III Al Banjari asal Murung Kenanga (523 poin). Lalu, Harapan I Islahul Ummah asal Murung Keraton (520 poin), Harapan II Syabab Islahul Ummah asal Murung Keraton (515 poin), Harapan III Al Ishlah asal Air Santri Murung Kenanga (513 poin).

Sedangkan, Juara Favorit Arraudah Senior asal Teluk Selong Ilir, Busana Terbaik Darul Muflihin asal Karangan Putih dan Pelestari Annadhir Junior asal Murung Kenanga.

Exit mobile version