Kantor Berita Kalimantan

Guna Menunjang Kebutuhan Dapur Umum, DKUMPP Banjar Suplai LPG 3kg Pada Operasi Pasar di Sekumpul

Guna Menunjang Kebutuhan Dapur Umum, DKUMPP Banjar Suplai LPG 3kg Pada Operasi Pasar di Sekumpul. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Untuk memenuhi ketersediaan stok gas LPG pada dapur umum haul ke-19 Abah Guru Sekumpul, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar menggelar pasar murah LPG 3 kg, di Kelurahan Sekumpul, Martapura, Jumat (12/1/2024) siang.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masak memasak relawan di dapur umum pada pergelaran haul ke-19 Abah Guru Sekumpul.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Kebutuhan Barang Pokok Penting (Bapokting) DKUMPP Banjar, Eka Yusnitawati. Ia mengatakan pergelaran operasi pasar di Kelurahan Sekumpul tersebut diprioritaskan untuk dapur umum.

Kasi Pengendalian Bapokting DKUMPP Banjar, Eka Yusnitawati. (Foto : Rizal)

“Jadi, operasi pasar di satu titik ini memang dilaksanakan untuk stok LPG 3 kg di dapur umum,” ujar Eka Yusnitawati.

Untuk harga jual tertingginya, sebut Eka, dipasok dengan harga Rp18.500 dan disediakan sebanyak 560 tabung. Banyaknya penyediaan stok tersebut dikarenakan kebutuhan dapur umum cukup banyak sehingga keperluannya juga sangat vital.

“Untuk harga sama sesuai harga eceran tertinggi, Masing-masing mendapatkan satu truk yang isinya sebanyak 560 tabung begitu pula di titik lokasi rumah kaca,” sebutnya.

Pada operasi pasar tersebut DKUMPP Kabupaten Banjar tak memberikan batasan jumlah satuan gas subsidi yang diambil atau lebih tepatnya menyesuaikan kebutuhan dapur umum. Berbeda halnya dengan masyarakat yang dijatahi satu orang hanya mendapat 2 tabung.

“Tak ada yang maksimal ya kan ada keperluannya 50 tabung bahkan hari ini hingga kemarin mereka sudah menerima jamaah. Tiap dapur itu tergantung kebutuhan masing-masing. Jadi, ada dapur umum yang besar dan ada juga yang kecil,” jelasnya.

Eka menambahkan, sebanyak 1.120 tabung disuplai DKUMPP Banjar bersama agen resmi gas LPG. Yang mana titik operasi pasar akan berfokus di Kelurahan Sekumpul dan rumah kaca Guntung Alaban, Kecamatan Martapura.

“Pertama, di Indrasari sebanyak 280 tabung dan Pesayangan itu 280 tabung. Totalnya, 560 tabung untuk dua titik itu,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur PT Borneo Anugrah Insanindo (BAI), As’adi, menjelaskan dukungan Pertamina untuk sekumpul akan terus disalurkan terutama untuk keperluan gas di dapur umum pada saat Haul ke-19 Guru Sekumpul.

“Selain distribusi ke dapur umum. Juga ada kegiatan Distribusi Tepat Sasaran LPG 3 Kilogram. Kegiatan ini dilakukan guna mendukung dapur-dapur umum haul abah guru sekumpul, hampir setiap dapur memasak sebanyak 50 sampai 200 blek beras jadi sangat memerlukan LPG untu memasak, semoga bermanfaat, ” tutupnya.

Exit mobile version