Site icon Kantor Berita Kalimantan

H-2 Menjelang Pemilu 2024, Polres Banjar Menggelar Apel Pergeseran Pasukan

H-2 Menjelang Pemilu 2024, Polres Banjar Menggelar Apel Pergeseran Pasukan. (Foto : Rizal)

KBK.News, MARTAPURA – Menjelang H-2 pelaksanaan Pemilu, Polres Banjar menggelar Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan TPS Pemilu serentak 2024, di halaman halaman Mapolres Banjar, Senin (12/2/2024) sore.

Di tengah guyuran hujan, pelaksanaan Apel tersebut tetap berlangsung dengan lancar dan aman.

Kapolres Banjar AKBP M Ifan Hariyat Taufik mengatakan, kegiatan kali ini dalam rangka pengecekan alat negara dalam bidang keamanan melaksanakan pengamanan Pemilu serentak 2024.

“Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan ditiap TPS sebanyak 446 personel Polres Banjar, 41 personel BKO Polda, 3.666 petugas Linmas. Untuk total jumlah TPS di Kabupaten Banjar 1.833,” ujar Kapolres Banjar.

Ia menjelaskan, semua personel yang diterjunkan ini, langsung ke tiap kecamatan dan rencana akan langsung melaksanakan gelar pasukan bersama Linmas.

“Selanjutnya, mereka akan bertugas ke tiap TPS yang sudah ditentukan sesuai dengan surat tugasnya masing-masing. Mereka akan bertugas hingga 15 Februari 2024, guna mendampingi masyarakat dalam kontestan demokrasi. Untuk pengamanannya 1×24 jam,” tuturnya.

Terkait kerawanan yang ada di Kabupaten Banjar, lanjut AKBP M Ifan, ada 2 tempat, yakni di DPT Khusus dan rawan karena jarak tempuhnya.

“Jadi, kerawanan ini bukan karena kerawanan kriminalitas dan konflik sosial. Di mana untuk DPT Khusus yang berjumlah 1.600 sekian ini kita sebut rawan, karena berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas). Sementara kerawanan di Kecamatan Paramasan karena jauhnya demografi wilayah,” ucapnya.

Terkait personel yang bertugas untuk pengamanan Pemilu serentak 2024, tambah Kapolres Banjar, hanya dilengkapi dengan perlengkapan senjata berupa tongkat polisi.

“Jadi tidak ada anggota Polri yang membawa senjata api saat bertugas ditiap TPS,” pungkasnya.

Exit mobile version