Site icon Kantor Berita Kalimantan

Hadapi Pemilu 2024. Bawaslu Banjar Rekrut Panwascam

MARTAPURA – Hadapi tahapan pemilu 2024 Bawaslu Kabupaten Banjar buka pendaftaran untuk rekrut calon pengawas kecamatan (Panwascam) dan pendaftarnya cukup antusias.

Puluhan calon pengawas kecamatan (panwascam) dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Banjar menyerahkan formulir pendaftaran di Kantor Bawaslu Banjar, Martapura, Rabu (21/9/2022) .

Pendaftaran Panwascam telah dibuka dari tanggal 21 sampai 27 September 2022. Para calon yang terpih, nantinya akan dipercaya menjadi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan masing-masing.

Sampai hari ini tanggal 22 September 2022 , Jumlah pendaftar sudah mencapai 67 orang dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Ideham Khalik, Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Kabupaten Banjar mengatakan penerimaan calon panwascam tahun ini peserta lebih antusias dibandingkan penerimaan sebelumnya.

“Karena sosialisasi kita sudah ke seluruh kecamatan juga di medsos sangat cepat menyebar infonya,” ujar Khalik.

Dirinya menjelaskan , dari total 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar yang dicari setidaknya 6 pendaftar calon panwascam di tiap kecamatan, dengan tujuan tiga orang akan terpilih jadi panwascam serta tiga lainnya jadi cadangan jika sewaktu-waktu ada yang berhenti atau meninggal dunia.

” Bukan hanya itu, pendaftar tiap kecamatan juga harus ada keterwakilan perempuan minimal 30 persen. Jika jumlah minimal pendaftar dan minimal keterwakilan perempuan tidak terpenuhi maka jadwal pendaftaran akan diperpanjang,” ungkapnya.

Syarat calon panwascam ujar Ideham Khalik, yakni berdomisili di Kabupaten Banjar, minimal usia 25 tahun, minimal lulusan SLTA/Sederajat.

“Syarat lainnya tidak pernah dipidana penjara, tidak jadi pengurus parpol atau tim suskses dalam 5 tahun terakhir,” Paparnya

Tahapan selanjutnya adalah agenda penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota panwascam pada 28 – 30 September 2022.

Pengumuman hasil penelitian berkas
Administrasi pada 12 Oktober 2022. Tanggapan dan masukan dari masyarakat 12-18 Oktober.

Tes tertulis calon anggota panwascam Panwaslu pada 14 – 16 Oktober. Pengumuman hasil tes tertulis pada 17 Oktober. Sedangkan pelantikan panwascam serta pembekalan dijadwalkan 26 – 28 Oktober 2022.

“Jadi bulan November 2022 para anggota panwascam sudah mulai bekerja,” pungkas Ideham Khalik.

Exit mobile version