Site icon Kantor Berita Kalimantan

Hampir Selesai, Pembangunan Tugu Nol KM Tahap II Sudah 95 Persen

Hampir Selesai, Pembangunan Tugu Nol KM Tahap II Sudah 95 Persen. (Foto : MC Kalsel)

KBK.News, BANJARMASIN – Progres progres fisik pembangunan Tugu Pal Nol (KM 0) di tahap II di Banjarmasin saat ini telah mencapai 95 persen dan diperkirakan selesai diakhir bulan Desember 2024, Rabu (25/9/2024).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Kalsel, Yulianti Erlynah.

Ia mengatakan, pengerjaan pembangunan Tugu Pal Nol tinggal penyelesaian selubung selendang dan pengerjaan lampu yang masuk dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT).

”Insya Allah, lampu kita anggarkan di ABT ini dan rencananya tugu akan diresmikan pada desember akhir sesuai kontrak berakhir dan wacananya Paman Birin ingin tahun baru dilaksanakan disitu,” ujar Yulianti.

Ia menuturkan, Tugu Pal Nol memiliki tinggi keseluruhan 99 meter dengan 66 meternya dapat diakses menggunakan lift dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati seperti teropong, museum, cafe dan amphitheater.

”Semua fasilitas sudah bisa digunakan setelah diresmikan. Jadi untuk lantai yang paling atas ada teropong untuk melihat landscape kota Banjarmasin dari ketinggian,” sebutnya.

Adapun terkait pengelolaan dan pemeliharaan selanjutnya setelah Tugu Pal Nol terbangun. Yulianti menyampaikan bahwa masih dalam proses dirapatkan, apakah akan dikelola oleh UPT atau lainnya.

”Kita sendiri hanya membangunkan bangunannya saja, untuk pengelolaan keputusannya ada dipimpinan, tetapi yang pasti harus ada pemasukan untuk daerah seperti di monas ada biaya masuknya,” pungkasnya.

MC Kalsel

Exit mobile version