Site icon Kantor Berita Kalimantan

Harga Kambing Untuk Ibadah Kurban Di Mekkah

KBK.NEWS, MEKKAH – Pemerintah Arab datangkan puluhan ribu hewan kurban dari luar negeri dan khususnya dari Australia untuk memenuhi kebutuhan para jamaah haji, Senin (16/6/2024). 

Untuk melayani kebutuhan Ibadah Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah di Kota Mekkah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi impor hewan kurban dari luar negeri. Hewan kurban dan untuk bayar Dam tersebut seperti sapi serta kambing.

Setelah hewan kurban yang diimpor dari luar negeri seperti dari Australia datang ke Arab Saudi, hewan kurban diperiksa kesehatannya oleh tim medis Kerajaan Arab Saudi.

Pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban dilakukan tim medis Arab Saudi guna memastikan daging hewan kurban yang dimakan adalah daging yang sehat.

Pengawas di rumah potong hewan  Al Hasyim, Hasan Awadallah mengatakan, tempat pemotongan hewan Al Hasyim saat musim haji setiap harinya dapat memotong 10 ribu hewan kurban. Hewan kurban sebagian besar impor dari Negara Australia.

” Untuk tahun ini hewan kurban yang didatangkan dari luar Kerajaan Arab Saudi sebagian besar dari Australia,” jelas Hasan.

Harga kambing di Arab Saudi berkisar antara 350 sampai dengan 600 Riyal. Harga tersebut terbilang cukup murah jika Di konversi ke kurs mata uang rupiah, karena satu Riyal sama dengan Rp 4000.

Ratusan ribu jemaah haji asal Indonesia saat ini sedang menunaikan ibadah haji dan juga melaksanakan ibadah kurban. Para jamaah haji asal Indonesia di Mekkah membeli hewan kurban seperti kambing, domba dan lainnya dengan harga yang cukup murah.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyediakan kemudahan bagi jamaah haji yang melaksanakan ibadah kurban, termasuk dengan mengimpor hewan kurban dari luar negeri.

Setelah dipotong, daging hewan kurban dinagikan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, hingga ke luar negeri. Seperti ke negara – negara muslim di Benua Afrika dan juga di Asia.

Saat ini para jamaah haji dari seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah utama yakni Wukuf di Padang Arafah. Jutaan jamaah haji dari berbagai negara saat ini sedang berkumpul di Padang Arafah.

Setelah itu para jamaah haji melaksanakan pemotongan hewan kurban di sejumlah rumah potong hewan di Kota Mekkah yang  telah disediakan Arab Saudi.

 

Exit mobile version