Site icon Kantor Berita Kalimantan

Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Mudik Jalur Laut Di Banjarmasin

BANJARMASIN – Puncak arus mudik lebaran 1443 H jalur laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin diprediksi pada hari ini, Sabtu Tanggal 30 April 2022 atau H-2. 

Puncak arus mudik jalur laut tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kalsel, Mirhansyah di Banjarmasin, Jumat (29/4/2022). Antisipasi lonjakan di puncak arus mudik ini, pihaknya meminta tambahan kapal penumpang kepada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin.

“Agar semua pemudik terangkut, kami telah meminta KSOP Banjarmasin menambah kapal penumpang untuk antisipasi lonjakan pemudik jalur laut ini,” jelasnya.

Menurut Mirhan, lonjakan penumpang arus mudik Lebaran 1443 H diperkirakan hanya terjadi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dengan tujuan Pulau Jawa. Sedangkan untuk Pelabuhan Batulicin, Tanah Bumbu para pemudik tujuannya ke Pulau Sulawesi.

“Lonjakan pemudik dengan tujuan Surabaya atau Pulau Jawa umumnya berangkat dari Pelabuhan Tri sakti Banjarmasin,” ungkapnya.

Terpisah Deputi Manajer Perencanaan, Penumpang, dan Terminal Penumpang Trisakti Banjarmasin, Syahria Murjani menyampaikan, ada empat kapal penumpang disiapkan untuk arus mudik. Menurutnya ada dua kapal. dari Surabaya dan dua kapal dari Banjarmasin.

“Ada lonjakan penumpang arus mudik jalur laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada tahun ini dibanding tahun lalu, yakni kenaikannya lebih 100 persen. Menurutnya pada tahun lalu hanya kapal hanya 200 penumpang atau pemudik perhari.

“Kalau sekarang ada 2 kali keberangkatan dan diisi antara 600 sampai 800 penumpang pada per hari. Tujuan para penumpang atau pemudik adalah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur,“ pungkas Syahria.

Exit mobile version