Site icon Kantor Berita Kalimantan

HUT BPBD Banjar dan Prestasinya

meninjau kondisi Mobil Rescue

meninjau kondisi Mobil Rescue

Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh Sampaikan Penghargaan atas prestasi yang diraih BPBD Banjar di Hari Jadinya yang ke-2 (17/12/2019).

Pemerintah Kabupaten Banjar selaku penanggung jawab penyelenggaraan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Banjar telah membentuk SKPD penyelenggara penanggulangan bencana, yakni BPBD.  Hal itu berdasarkan Perda Kabupaten Banjar No. 11 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar.

Sesuai fungsinya BPBD Kabupaten Banjar, yaitu merumuskan, dan menetapkan kebijakan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat, efektif dan efisien. Kemudian mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh.

Hal tersebut di sampaikan oleh Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh dalam sambutannya pada Apel Kerja Gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar dan sekaligus HUT BPBD ke- 2 di Halaman Kantor Bupati Banjar, Senin 13 Mei 2013.

“Selama 2 tahun berdiri BPBD Kabupaten Banjar menunjukkan prestasi – prestasi yang membanggakan bagi kita semua,” jelasnya.

Menurut Bupati Banjar,  BPBD telah meraih Juara I Tingkat Nasional BPBD Kab/Kota seluruh Indonesia Kategori Akuntabilitas Kinerja Tahun 2012. Lalu Juara II Tingkat Nasional BPBD Kab/Kota seluruh Indonesia Kategori Pengelolaan Logistik dan Peralatan Tahun 2012, dan Juara III Tingkat Nasional BPBD Kab/Kota seluruh Indonesia Kategori Penanganan Kedaruratan tahun 2012 serta prestasi lainnya.

Khairul Saleh mengungkapkan rasa bangga dan mengucapkan terimakasih dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun yang ke – 2  BPBD Banjar. Misalnya, Pembinaan terhadap relawan DAMKAR 690 melalui Lomba Ketangkasan Pemadam Kebakaran se-Kabupaten Banjar, Anjangsana ke Panti Asuhan Darul Ihsan dan Nurul Hasani di Kecamatan Gambut, penanaman Pohon di Lokasi Pembangunan kantor BPBD Kab. Banjar di Desa Bincau, dan aksi kebersihan di Jalan Sekumpul dan aksi donor darah.

Lebih jauh ia menjelaskan, selama 2 tahun kiprah BPBD Banjar tidak lepas dari peran serta Instansi terkait, Kodim, Polres, Brimob, PMI, Orari, Tagana, Basarnas serta Masyarakat dan Dunia Usaha yang merupakan satu kesatuan utuh dalam rangka aksi penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Banjar, dan diharapkan untuk lebih ditingkatkan dimasa yang akan datang sesuai dengan motto BPBD yaitu Tumbuh, Utuh, Tangguh.

Sementara itu pada puncak peringatan Hari Jadi BPBD ini Badan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh juga mengukuhkan Forum Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat (PBBM) untuk 3 (tiga) Kecamatan yaitu PBBM Kec. Sambung Makmur, PBBM Kec. Mataraman dan PBBM Kec. Karang Intan. Ia juga  menyerahkan mobil Rescue, asuransi jiwa seraya serta tropy dan hadiah lomba ketangkasan/keterampilan BPK se- Kabupaten Banjar. serta meresmikan penggunaan MCK Plus Sanimas ( Sanitasi Berbasis Masyarakat) Tahun 2012.

Exit mobile version