Site icon Kantor Berita Kalimantan

Info Cabor Bola Basket PON XX Papua

TIMIKA – Info pertandingan cabang olahraga (Cabor) bola basket di Pekan Olahraga (PON) XX Papua yang digelar di Timika, Jumat (8/10/2021). 

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman meminta kepada pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) menggiatkan agenda atau turnamen Basket pasca perhelatan PON XX Papua tahun 2021.

“Hari ini saya lihat langsung pertandingan dua tim basket dan merasakan venue ini sangat siap serta memenuhi syarat. Sehingga diharapkan setelah PON XX ini dilaksanakan beberapa event. Karena tanpa event, maka sangat disayangkan,” kata Ketua KONI di Mimika Sport Complex (MSC), Kamis (7/10/2021).

Oleh itu, dirinya meminta kepada PB PERBASI Pusat dengan pengurus provinsi dan daerah untuk merancang kegiatan ke depan.

Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu untuk terus digiatkan karena penyebaran industri olahraga khususnya basket sangat berkembang. Seperti di PON XX, tim-tim basket yang hadir, seperti dari Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara serta daerah lainnya juga ikut serta.

“Terus terang saya sangat bangga bahwa sekarang menunjukkan suatu prestasi yang bagus. Karenanya, pembinaan dari PB Perbasi kepada pengurus daerah harus terus dilakukan,” katanya.

Ia menambahkan, ke depan akan ada turnamen FIBA Asia dan FIBA World Cup 2023 yang saat ini tengah dipersiapkan.

Menyongsong 2 ajang turnamen besar itu, maka venue-venue basket seperti Mimika Sports Complex (MSC) harus sering digunakan untuk kesuksesan dan perkembangan basket di Indonesia.

“Kalau antara pusat, provinsi, dan daerah berkesinambungan maka industri olahraga terus berkembang. Apalagi basket diminati banyak orang dan kedepannya akan terus berkembang,” ungkapnya. (Humas PPM/Retno Guritno/Mujiono/Aurora)

Exit mobile version