Site icon Kantor Berita Kalimantan

Info Karhutla Terbaru Terjadi di Desa Penggalaman Martapura Barat

KBK.NEWS MARTAPURA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai srring terjadi di Kabupaten Banjar dan yang terbaru terjadi di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Sabtu (31/8/2024) malam.

Cuaca yang panas membuat semak belukar yang berada di lahan gambut si Kabupaten Banjar menjadi mudah terbakar. Hal ini menjadi salah satu karhutla yang biasa terjadi di Kabupaten Banjar.

Karhutla yang terbaru terjadi di Desa Penggalaman. Penanganan karhutla yang dilakukan tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berada di Posko Induk Bincau Indrasari Martapura, berlangsung sejak pukul 19.30 Wita.

Laporan Pusdalops yang menyebutkan sumber air sulit didapat di lokasi, membuat tim gabungan yang melakukan penanganan dilengkapi dengan peralatan lebih dari biasanya.

Peralatan tersebut antara lain 2 unit mobil pikap, 2 unit mesin alkon portabel, 1 unit mobil tangki dan 2 roll selang.

“Dalam penanganan ini kita melibatkan 17 personel, alhamdulillah api bisa lebih cepat diatasi, saat ini statusnya sudah padam,” ujar Kasi Kegawatdaruratan BPBD Banjar Arifin.

Tim gabungan lanjut Arifin memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk memadamkan api yang membakar vegetasi semak belukar, dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 1 hektare.

Sumber : Suara Banjar

Exit mobile version