Sentra Penjualan Iwak Garih Haruan Di Kabupaten Banjar

2 min read
Martapura – Mengenal Sentra Ikan Asin jenis air tawar di Kabupaten Banjar yang menjual ikan gabus atau yang populer disebut iwak garih haruan serta ikan sepat.

Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat merupakan salahsatu desa yang menjadi sentra perdagangan ikan asin air tawar di Kabupaten Banjar. Sebagian warga desa ini bekerja sebagai petani, namun disela kegiatan bertani mereka juga mencari ikan di lahan persawahan dan rawa disekitarnya.

Sejumlah ikan air tawar yang mereka dapat, diantaranya ikan gabus (haruan), Sepat, dan lainnya. Selanjutnya ikan air tawar tersebut mereka bersihkan kemudian dijemur untuk dikeringkan,hingga menjadi ikan asin.

Di kalangan masyarakat Banjar, khususnya di Kalimantan Selatan ikan asin cukup digemari,bahkan menjadi salahsatu menu makan yang cukup favorit. Hal ini yang membuat usaha pembuatan ikan asin di daerah ini tetap menjadi andalan bagi sebagian masyarakat,misalnya di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar.

Rosyida salah seorang pedagang ikan asin di Desa Sungai Batang menuturkan, usaha berdagang ikan asin sudah turun temurun dilakukan keluarganya.

“Kalau dulu berjualan ikan asin hanya dijadikan pekerjaan sambilan sambil bertani atau bercocok tanam,tetapi sekarang sudah betul-betul ditekuni lebih serius,” ujarnya.

Menurut Rosyida ia dan suaminya menerima pasokan ikan air tawar dari para petani dan pencari ikan lainnya. Namun, hanya untuk jenis ikan air tawar basah, khususnya ikan gabus dan sepat. Sedangkan masalah harga menurutnya masih cukup murah kalau membeli ditempat mereka,sebab langsung membeli kepada tangan pertama pedagang di Sungai Batang. Misalnya, harga ikan asih jenis gabus Rp 75 ribu per kilogram, sepat kecil Rp 45-50 ribu per kilogram,dan sepat siam Rp 40 per kilogram.

“Para pembeli pada umumnya adalah pengendara kendaraan bermotor yang melintasi kampung kami ini, di Jalan Martapura Lama ,Desa Sungai Batang,” pungkasnya.

Sementara itu Rusmini Warga Kota Martapura  salahseorang seorang pembeli ikan asin di Desa Sungai Batang mengatakan, bahwa ia senang membeli ikan asin di desa ini karena rasanya gurih dan tidak terlalu asin. Selain itu keluarganya yang ada di luar daerah biasa meminta oleh-oleh ikan asin yang berasal dari Desa Sungai Batang.

“Saya biasa beli agak banyak kalau mau keluar daerah,karena ikan asin ini bisa menjadi oleh -oleh buat teman-teman atau keluarga yang ada diluar Kalimantan Selatan,” ungkap Rusmini.

Editor :
Penulis :

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author