Kantor Berita Kalimantan

Iwak Haruan Paling Mahal Menjadi Ikan Hias

Iwak haruan atau ikan gabus harga mencapai jutaan rupiah per ekor, tetapi jenis predator yang mahal dan bisa dijadikan ikan hias ini berwarna kuning atau biru, Minggu (8/8/2021).

Kalangan masyarakat di Kalimantan sangat mengenal iwak haruan atau yang didalam Bahasa Indonesia disebut ikan gabus ini. Iwak haruan ini menjadi salah satu yang paling disukai masyarakat untuk dikonsumsi, misalnya bersama ketupat, lontong, dan aneka masakan lainnya.

Tidak mengherankan, jika iwak haruan ini menjadi selalu menjadi incaran dan diburu para pemancing di Kalimantan, apalagi di Kalimantan Selatan.

Iwak Haruan atau Ikan Gabus
Iwak Haruan atau Ikan Gabus Hias

Iwak haruan atau gabus yang mahal harganya punya warna yang berbeda dengan umumnya yang dikonsusmsi masyarakat. Ikan gabus jenis predator yang mahal adalah Channa Maru Yellow dan Blue.

Ikan gabus ini berwarna kuning keemasan dan berwarna biru menjadi salah satu trend terbaru memelihara ikan hias di akuarium. Hal tersebut disampaikan, Yos Pratama, salah seorang kolektor dan penjual jenis iwak haruan di Kota Banjarbaru.

Iwak haruan atau bagus jenis channa, ungkap Yos Pratama, adalah ikan asli air tawar dari Pulau Kalimantan Selatan. Ikan ini sekarang dikenal di penjuru dunia sebagai ikan predator yang bisa menjadi ikan hias di akuarium dan harganya mahal.

“Jenis ikan gabus Channa Maru Yellow Sentarum dengan kualitas bagus dapat dihargai jutaan hingga puluhan juta rupiah per ekornya,” tegasnya.

Menurut Yos, setiap hari pasti ada saja ikan yang terjual dari koleksinya. Paling banyak permintaan adalah ikan Channa jenis Yellow Sentarum,” pungkasnya.

 

Exit mobile version