Jalan Amblas di Desa Bunipah Aluh Aluh Membahayakan Pengguna Jalan

2 min read

MARTAPURA – Kondisi Jalan Inpres, yang menghubungkan 19 Desa, di RT 02, Desa Bunipah, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, mengalami amblas, Rabu (9/8/2023).

Berdasarkan pantauan KBK.News, ada 2 titik jalan amblas yang parah di Desa Bunipah, Kecamatan Aluh Aluh. Dari informasi yang didapatkan, jalan tersebut merupakan jalan poros kabupaten.

Pembakal Desa Bunipah, Sata, mengatakan jalan amblas tersebut sudah terjadi sejak 3 bulan yang lalu. Ia membeberkan jalan tersebut amblas karena kontruksi tanah yang tidak kuat.

“Struktur tanah yang tidak kuat tersebut, disebabkan karena arus air sungai yang menghantam tanah sehingga ada pengikisan yang membuat jalan menjadi amblas,” ujar Sata.

Selain itu, lanjut Sata, amblasnya Jalan Inpres, di RT 02 Desa Bunipah tersebut, juga disebabkan oleh mobil truk dari luar pulau yang angkutannya melebihi muatan.

“Artinya, mereka itu sampai saat ini masih mengangkut bawaan yang melebihi muatan, padahal batas muatan sudah dipasang dinas di simpangan pasar arba,” ungkapnya.

Ia menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan kepada pihak pengusaha, agar bisa mengurangi beban angkutan guna menjaga jalan agar tidak rusak.

“Silahkan saja membawa angkutan, namun angkutan nya jangan full karena berat bawaan bisa merusak jalan di desa kami,” jelas Sata.

Selain itu, Pembakal Sata juga mengharapkan agar jalan di Desanya bisa segera diperbaiki, karena kondisinya sudah membahayakan pengguna jalan.

“Harapan kami tentunya jalan bisa secepatnya diperbaiki, karena sudah membahayakan, mudah mudahan dimasukan ke anggaran perubahan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sata menambahkan bahwa jalan tersebut sudah memakan 1 korban kecelakaan, yang mengakibatkan korban mengalami luka parah.

Berita Terkait

More From Author