Kantor Berita Kalimantan

Jalan di Desa Dalam Pagar Longsor Lagi, Dinas PUPRP Banjar : Sebelumnya Hanya Penanganan Darurat

KBK.News, MARTAPURA – Diduga akibat kikisan sungai dan perubahan cuaca panas dan hujan, Jalan Inayatullah RT 01, Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar mengalami longsor, Rabu (31/7/2024)

Hal tersebut disampaikan oleh Pembakal Dalam Pagar, Ismail. Ia mengatakan sebelumnya dinas terkait sudah pernah memperbaiki kerusakan jalan tersebut menjelang Haul Abah Guru Sekumpul.

“Kemarin yang kami usulkan itu untuk menyempatkan haul, jadi itu bisa dibilang adalah penanganan darurat dari Kabupaten, pada 2023 yang lalu” ujar Ismail kepada KBK.News, Rabu (31/7/2024) sore.

Kejadian selanjutnya, lanjut Ismail, terjadi pada Senin malam (29/7/2024). Ia menyampaikan ambruknya jalan tersebut diduga karena kikisan air sungai dan cuaca yang sering berubah rubah.

“Tentunya semoga jalan longsor ini bisa segera diperbaiki secara permanen oleh pemerintah, saya khawatir ada korban kedepannya,” ucapnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan  (PUPRP) Kabupaten Banjar, Anna Rosida Santi, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan penyelidikan tanah untuk selanjutnya dilakukan tindakan penanganan permanen.

Kepala Dinas PUPRP Banjar, Anna Rosida Santi. (Foto Humas Pemkab Banjar)

“Setelah melakukan penyelidikan tanah, kami akan segera melakukan penanganan permanen di jalan tersebut,” tutur Anna Rosida Santi.

Ia juga memastikan bahwa pekerjaan tahun 2023 yang lalu merupakan penanganan darurat, karena saat itu menjelang Haul Abah Guru Sekumpul.

“Pada akhir tahun 2023, supaya longsornya tidak mengarah ke jalan maka kami lakukan penanganan sementara,” jelasnya.

“Sedangkan, yang berkembang diluar itu kan seolah olah proyek kami kemaren itu penanganan permanen, dan saya tegaskan itu hanyalah penanganan darurat pada akhir 2023 yang lalu,” pungkas Kadis PUPRP Banjar ini.

Exit mobile version