Diterjang banjir Jalan Nasional di Kalsel lumpuh akibat jembatan  penghubung utama amblas di Jalan A Yani, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar , Kamis (14/1/2021).

Hujan deras yang terjadi dalam sepekan ini mengakibatkan banjir yang cukup besar di sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar. Dini hari tadi, akibat diterjang banjir, jembatan Jalan A Yani di Desa Selan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar amblas akibat terjangan banjir.

Akibat amblasnya jembatan ini akses keluar masuk hulu sungai tidak dapat dilewati, bahkan Jalan Nasional di Kalsel ini lumpuh. Jembatan yang berada di jalan utama atau jalan nasional ini juga mengakibatkan arus transportasi antar provinsi juga ikut lumpuh.

Polres Banjar Himbau Agar Warga Tidak Melintas Jembatan Yang Amblas
Polres Banjar Himbau Agar Warga Tidak Melintas Jembatan Yang Amblas

Di lapangan pihak kepolisian dari Polres Banjar menghimbau para pengendara agar tidak memaksakan diri untuk melintas jembatan yang amblas demi keselamatan.

Jalan Alternatif Melewati Kecamatan Cintapuri Darussalam
Jalan Alternatif Melewati Kecamatan Cintapuri Darussalam

Sebagian para pengguna jalan terpaksa berhenti,  dan balik arah sambil mencoba jalan alternatif, diantaranya lewat Kecamatan Cintapuri Darussalam.

Mahyuni, warga Cintapuri Darussalam mengatakan, akses jalan melalui Kecamatan Cintapuri Darussalam, namun ada sebagian genangan air. Pengguna jalan akan melintasi jalan hauling atau jalan angkutan tambang batu bara Talenta ke Sungai Puting.

“Jalan alternatif masih bisa lewat Cintapuri Darussalam, tetapi akan memutar jauh dan keluarnya di daerah Batola dan belok ke kanan menuju Banjarmasin,” pungkas Mahyuni yang juga Ketua Panwaslu Cintapuri Darussalam ini.

foto : istimewa