Kantor Berita Kalimantan

Jalan Rusak Parah, Masyarakat Tabalong Gelar Aksi Turun Ke Jalan

kbk.news : Gabungan Masyarakat Tabalong Gelar Aksi Turun Ke Jalan Menyampaikan Keprihatinan dan Tuntutan Atas Rusaknya Jalan Akibat Angkutan Semen Conch Dengan Tonase Besar Yang Melintas Setiap Hari, Jumat (2/7/2021).

Dalam pekan ini puluhan warga Tanjung, Kabupaten Tabalong menggelar aksi turun ke jalan. Aksi yang mengatasnamakan Gabungan Masyarakat Tabalong menyampaikan keprihatinan mereka atas kerusakan jalan akibat truk bermuatan semen Conch dengan tonase diatas kemampuan jalan, Rabu (30/6/2021).

Aksi puluhan orang ini digelar di Jalan Pahlawan, Simpang 3 Selongan. Mereka membawa sejumlah sejumlah poster yang bertuliskan keprihatinan atas rusaknya jalan umum.

Jalan Rusak Parah, Masyarakat Tabalong Gelar Aksi Turun Ke Jalan

Koordinator aksi Gerakan Masyarakat Tabalong Peduli, Rusmadi mengatakan, pihaknya menyampaikan pendapat (aspirasi) dimuka umum, karena prihatin melihat kondisi kerusakan jalan raya.

” Gabungan Masyarakat Tabalong ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan bersatu untuk menyampaikan aspirasi mengenai kerusakan jalan,” jelasnya.

Rusmadi menuding, rusaknya jalan raya Tabalong, karena seringnya truk bertonase besar yang mengangkut semen dari PT Conch. Tonase yang terlalu besar tersebut tidak sebanding dengan kualitas dan daya tahan jalan.

Karena tersebut, kata Rusmadi, pihaknya menyampaikan tuntutan kepada Pemerintah.

“Tuntutan pertama, kita meminta kepada pemerintah untuk melakukan pembatasan tonase. Karena kita sama-sama mengetahui unit yang lewat ini adalah unit truk besar. Tentu yang lebih paham adalah pemerintah itu sendiri,” tegasnya.

Menurut Rusmadi, masyarakat secara kasat mata melihat, menilai dan memperhitungkan, bahwa angkutan yang dibawa itu tonase sangat berlebih. Sehingga, mengakibatkan jalan yang sering dilalui masyarakat rusak.

Kemudian Gabungan Masyarakat Tabalong ini meminta dilakukan sejumlah pembatasan agar jalan tidak semakin parah kerusakannya. Pembatasan yang mereka minta, diantaranya operasional angkutan bermuatan semen Conch.

Selanjutnya meminta kepada pemerintah untuk segera membangun Jembatan Timbang, agar tonase dari mobil angkutan perusahaan semen dapat diketahui. Selain itu meminta pemerintah untuk segera melakukan perbaikan jalan yang sudah rusak.

Puluhan peserta aksi turun ke jalan ini berjanji akan menggelar aksi lagi apabila dalam waktu sepekan aspirasi yang tidak ditanggapi pihak terkait. .

“Dan kami, sesuai dengan permintaan masyarakat secara swadaya akan membangun portal. Itu juga kita lakukan memastikan, bahwa kita serius,” pungkasnya.

Foto : Facebook Habar Tabalong

 

Exit mobile version