Site icon Kantor Berita Kalimantan

Jamaah Haji Indonesia Tetap Diimbau Gunakan Masker

MEKKAH – Para jamaah haji Indonesia tetap dihimbau untuk menggunakan masker saat menjalankan aktivitas di Arab Saudi, Minggu (19/6/2022).

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Andi Yanti, mengatakan jemaah haji Indonesia disarankan tetap menggunakan masker dengan baik sebagai bentuk ikhtiar untuk terhindar dari tertular berbagai jenis virus.

“Gunakan masker dengan baik dan benar, masker harus menutupi pangkal hidung dan seluruh mulut. Serta jika terkena cairan, segera diganti karena membran masker bisa tidak berfungsi dengan baik lagi,” kata Yanti melalui keterangan resminya, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Yanti, jika jamaah haji tidak menggunakan masker dengan baik,
dan benar, maka ia sangat rentan terpapar bakteri, khususnya virus penyebab COVID-19 (SARS Cov-2).

Karena itu ia menyarankan agar jemaah haji Indonesia untuk memakai masker dan menggantinya jika sudah kotor atau sekitar 6-8 jam terpakai. Selain itu juga tetap mencuci tangan dan juga menggunakan hand sanitizer di dalam tas.

“Apa bila sudah menyentuh barang di tempat umum, maka tangan harus segera dibersihkan. Cuci tangan sebelum tangan menyentuh hidung atau area mulut yang bisa jadi sarana untuk virus masuk kedalam saluran pernapasan dan menimbulkan infeksi COVID-19,” ungkapnya lagi.

Exit mobile version