Site icon Kantor Berita Kalimantan

Jamaah Haji Yang Pertama Tiba Di Debarkasi Batam

KBK.NEWS, BATAM –  PPIH Jamaah Haji debarkasi Batam sedang menyiapkan penyambutan kedatangan pertama para jamaah haji sore tadi  dan mengutamakan Lansia, Sabtu (22/6/2024).

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam Mahbub Daryanto menggelar rapat persiapan penyambutan pertama kedatangan jamaah haji dari Tanah Suci Mekkah.

“Kloter pertama akan mendarat pada Sabtu 22 Juni 2024, pukul 16:55 WIB. Penyambutan jemaah di Bandara Hang Nadim akan dilakukan bersama Gubernur Kepri,” kata Mahbub, Jumat (21/6/2024).

Mahbub mengungkapkan, diperkirakan jumlah jamaah haji debarkasi Batam  sebanyak 12,372 jamaah haji. Mereka berasal dari Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Barat (Kalbar), Riau, dan Jambi.

“Dari jumlah itu sebanyak 14 jamaah wafat selama penyelenggaraan haji di Arab Saudi dan telah dimakamkan di Baqi Madinah, dan Sharae Makkah,” paparnya.

Para jamaah haji yang tiba di debarkasi Batam, ungkap Mahbub, akan mendapatkan beberapa pelayanan. Pelayanan itu mulai dari saat mendarat di Bandara Hang Nadim hingga sampai di Asrama Haji.

“Pelayanan tetap mengutamakan ramah Lansia,” tegasnya.

Petugas BBKK (Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan) Batam, beber Mahbub, akan masuk ke dalam kabin pesawat. Hal itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Bagi jamaah yang sakit akan dievakuasi guna pelayanan kesehatan.

“Dilanjutkan dengan pemeriksaan paspor oleh pihak imigrasi selama 30 menit,” ujar Mahbub.

” Kami dari PPIH Batam mengingatkan, bahwa setibanya di Asrama Haji, jemaah haji sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah masing-masing. Termasuk soal keamanan, penginapan, dan konsumsi jemaah,” pungkas Mahbub.

Exit mobile version