Site icon Kantor Berita Kalimantan

Jaringan Telekomunikasi Siap Untuk Siaran Langsung 17 Agustus Dari IKN

KBK.NEWS JAKARTA – Jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, telah dipastikan telah siap mendukung siaran langsung Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Kamis (15/8/2024).

Kesiapan jaringan telekomunikasi inj disampaikan Menkominfo Budi Arie Setiadi saat jumpa pers dengan awak media di Kantor Menkominfo di Jakarta.

“Kami pastikan jaringan telekomunikasi di IKN siap menjelang upacara Hari Kemerdekaan RI. Masyarakat di Kalimantan Timur dan seluruh Indonesia dapat mengikuti upacara di IKN melalui siaran langsung,”  jelas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menurut Budi Arie, pihaknya bekerja dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk penyediaan jaringan telekomunikasi. Telkom, sebagai BUMN, berperan penting dalam menyediakan infrastruktur telekomunikasi, termasuk dengan anak usahanya, Telkomsel, telah melakukan inagurasi infrastruktur telekomunikasi di IKN.

Penyedia layanan telekomunikasi ini telah melakukan pengujian konektivitas menggunakan fiber optik dan seluler serta memastikan aspek catuan listrik berjalan dengan baik.

“Ketersediaan jaringan telekomunikasi yang memadai ini sejalan dengan konsep Smart City IKN menuju kota yang cerdas, hijau, dan berkelanjutan, seperti yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Budi Arie juga menambahkan bahwa operator seluler lainnya telah menyediakan layanan telekomunikasi dengan infrastruktur sementara di IKN. Layanan ini mencakup mobile BTS (Base Transceiver Station) dan fiber optik aerial, yang digunakan untuk melayani beberapa lokasi proyek pada masa konstruksi maupun acara tertentu, termasuk upacara HUT RI 17 Agustus.

Dia berharap bahwa layanan telekomunikasi sementara di IKN ini nantinya dapat bermigrasi secara bertahap menjadi infrastruktur yang permanen dan berkualitas tinggi. Hal ini diharapkan dapat tercapai melalui kolaborasi antaroperator untuk berbagi infrastruktur yang telah disediakan oleh Telkom Group.

“Kami berharap ke depannya seluruh operator seluler dapat memberikan layanan telekomunikasi dengan kualitas yang baik di IKN,” pungkas Menkominfo.

Exit mobile version