Kantor Berita Kalimantan

Jelang Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Kabupaten Banjar Mencapai 3.501 ekor

KBK.News, MARTAPURA – Dari data yang yang disampaikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, ternyata stok hewan kurban sapi dan kambing tahun 2024, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Banjar, drh Lulu Vila Vardi. Ia menyebut ada sekitar 1.003 tambahan stok hewan kurban ditahun 2024.

“Tahun 2023 stok hewan kurban Sapi dan Kambing sebanyak 2.468. Sedangkan di bulan Juni 2024 mengalami peningkatan sebanyak 3.501 ekor di 18 kecamatan,” ujar Lulu , Selasa (4/6/2024).

Ia membeberkan, untuk harga sapi per-ekornya masih relatif sama dengan tahun kemarin, yang hanya pada ongkir sapinya.

“Contohnya dari daerah Batola, kirim ke Banjarbaru, mungkin ada tambahan sedikit. Seperti contoh, Sapi Bali berat 250 – 300 kg dengan daging 70 – 90 kg. Harga sekitar Rp17.5 juta sampai Rp18.5 juta. Tergantung daerah pengiriman nya ke mana,” bebernya.

Untuk Kabupaten Banjar, kata Lulu stok nya mencukupi, yang mana jumlah tahun ini meningkat di banding tahun kemarin.

“Sebagian besar sudah kami cek kesehatan nya. Sehat dan baik kondisi nya. Cuman, ada beberapa yang lemas, tapi lebih kepada karena pengiriman yang cukup jauh,” bebernya.

Ia menambahkan, ada 4 ekor kemarin hewan kambing, sama pemilik nya langsung di potong kambing nya, dikarenakan kelelahan.

“Transportasi untuk kambing kisaran harga dari Rp2.5 juta sampai Rp 4 juta/ekor. Dengan rata-rata Rp 3.5 juta, yang standart. Tergantung tinggi kambing dan kompak badan nya,” tutupnya.

Exit mobile version