Jembatan Utama Desa Abumbun Jaya Rusak Berat

2 min read
Martapura- Jembatan Utama Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Rusak Parah dan Warga Terpaksa Memperbaiki Secara Swadaya Agar Bisa Dilintasi Dengan Aman (31/12/2014).
Jembatan kayu ulin yang menghubungkan warga Desa Abumbun Jaya, Komplek Transmigrasi  Purnawirawan Angkatan Laut, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar mengalami rusak berat. Hal ini akibat usia jembatan kayu yang tua dan diterjang aliran air dan rumput yang menyumbat serta menghantam tiang jembatan. 
Akibatnya rusak berat ini sekitar 2500 orang penduduk yang tinggal di desa ini terpaksa mencari jalan alternatif untuk bisa keluar desa. Selain itu warga juga terpaksa memperbaiki dengan bahan seadanya, seperti kayu galam, akasia dan batang pohon kelapa secara swadaya. 
” Kami terpaksa secara swadaya memperbaiki jembatan ini,karena kami sudah lama memohon kepada Pemerintah Kabupaten Banjar, Dinas Pekerjaan Umum Provinsi,bahkan secara lisan sudah disampaikan ke bapak Gubernur,” kata salah seorang tokoh Pemuda Desa Abumbun Jaya, Muhammad Surya, (31/12/2014).
Menurut Muhammad Surya, jembatan kayu Ulin sejak dibangun, yakni sekitar 5 tahun yang lalu hingga sekarang belum  pernah diperbaiki pemerintah. Untuk perbaikan dilakukan hanya oleh warga secara swadaya, padahal jembatan ini sangat vital bagi warga desa Abumbun Jaya.
“Jembatan ini sangat penting dan vital, sebab digunakan juga untudk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan warga, seperti sayur sayuran,” jelas Surya. 
Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Banjar Muhammad Hilman saat dikonfirmasi melalui Sambungan Telepon, mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan persoalan perbaikan tersebut kepada Dinas PU provinsi dan Balai Sungai Kalimantan 2. Namun, belum mendapat tanggapan , dan karena sangat mendesak, maka pihaknya telah mengusulkan perbaikan tersebut pada APBD Tahun 2015.
” Telah disetujui untuk dilaksanakan Pembangunan Jembatan yang lebih Representatif di Desa Abumbun Jaya itu,” tegas Hilman. 

 

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author