Pemkab Banjar telah keluarkan status tanggap darurat bencana banjir untuk membantu lebih 10 ribu warganya yang menjadi korban, Selasa (12/1/2021).

Sekda Banjar Mokhamad Hilman menyampaikan, bahwa Pemkab Banjar melalui Bupati Banjar H Khalilurrahman telah mengeluarkan status tanggap darurat bencana banjir. Untuk itu semua potensi yang ada akan dikerahkan untuk membantu para korban banjir.

Menurut Hilman, berdasarkan data yang pihaknya miliki ada 9 kecamatan yang terdampak banjir dan lebih 10 ribu warga korban banjir terdata.

“Banjir terparah saat ini di Kecamatan Pengaron dan bantuan untuk evakuasi korban banjir telah dilakukan dengan melibatkan semua pihak. Kita akan kerahkan semua potensi yang dimiliki untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir,” jelasnya.

Untuk membantu para korban banjir, kata Sekda Banjar, pihaknya menyalurkan paket bantuan sembako ke semua kecamatan terdampak banjir. Bantuan tersebut kemudian diserahkan oleh tim yang ada kecamatan langsung kepada para korban banjir.

“Semoga bencana banjir segera berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas dengan normal kembali,” harapnya.

Sembilan kecamatan yang dilanda banjir di Kabupaten Banjar, yakni, Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron, Simpang Empat, Astambul. Kemudian Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, dan Kecamatan Martaputa Kota.