Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kabupaten Banjar Rawan Bencana Pada Setiap Musim Hujan

Bencana Banjir di Kabupaten Banjar

Bencana Banjir di Kabupaten Banjar

Bencana alam mengintai Kabupaten Banjar Pada Setiap musim hujan sangat rawan terjadi, hal ini akibat kondisi alam atau geografis, sehingga perlu kesiapan penanggulangan (11/12/2019).

Mengantisipasi bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi dengan semua pihak terkait. Rapat koordinasi (Rakor) ini dipimpin Sekda Banjar Mokhamad Hilman dan digelar di Aula Barakat, Martapura.

Dalam sambutannya Sekda Banjar menyampaikan tentang pentingnya melakukan kerjasama dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang sering terjadi pada setiap musim penghujan datang.

“Kita perlu bekerjasama dalam menanggulangi bencana angin puting beliung, banjir dan tanah longsor yang biasa terjadi pada musim penghujan di Kabupaten Banjar,” ujar Hilman (11/12/2019).

Menurut Sekda Banjar, kondisi geografis Kabupaten Banjar menyebabkan, potensi terjadinya bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. Untuk itu ia meminta kepada BPBD Banjar bersama peserta rapat koordinasi ini membuat rumusan – rumusan upaya penanggulangan dan pertolongan kepada para korban.

“Beberapa poin penting yang perlu diutamakan, yakni kelancaran komunikasi dari wilayah rawan bencana. Selanjutnya juga kesiapan logistik bantuan, tempat pengungsian dan bahan makanan,” tandasnya.

Pada rakor ini hadir sejumlah pihak terkait, yakni dari BPBD Banjar, Kodim 1006 Martapura, Dinas Sosial, Polres Banjar, dan lainnya.

Exit mobile version