IMG 20190701 234807
DAERAH EKONOMI TIPS & TRIK

Kabupaten Banjar Sentra Kopi Robusta Kalsel

Martapura : Kabupaten siapkan 3 ribu hektar untuk pengembangan tanaman kopi guna mengembalikan daerah ini sebagai salah satu sentra kopi robusta terbesar di Kalimantan Selatan.

Kementerian Pertanian ingin memajukan tanaman kopi di Kalimantan Selatan. Daerah yang akan menjadi penanaman kopi di wilayah Kabupaten Banjar. Hal itu akan dilaksanakan di Kecamatan Mataraman dan Sungai Pinang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar Ir.Dondit Bekti setelah ia mengikuti rapat di Kementerian Pertanian di Jakarta.

“Penanaman kopi dimulai tahun ini sumber dana APBN-P Tahun 2019. Luasannya 3 ribu hektar dan pelaksanaan secara bertahap selama 5 tahun,” jelasnya (1/7/2019).

Ini adalah proyek dan program dari Kementerian Pertanian dan Pemkab Banjar melalui Disnakbun bertugas menyiapkan lahan dan juga menyediakan bibit (nursery). Lahan adalah milik masyarakat yang bersedia mengembang komoditi perkebunan khususnya kopi.

“Program ini tentu kita sambut baik, yakni mengembalikam daerah kita sebagai sentra kopi di Kalsel. Untuk jenis kopi yang akan ditanam Robusta,” pungkasnya.

Foto : Istemewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *