Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kabut Asap Akibat Karhutla di Kalsel Sudah Muncul

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) foto Istimewa.

BANJARBARU – Kabut asap mulai menyelimuti sebagian wilayah di Kalsel sebagai dampak terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kota Banjarbaru dan Tanah Laut, Senin (26/6/2023).

Dalam 2 hari terakhir sejumlah wilayah di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar diselimuti kabut asap yang cukup tebal. Kabut asap ini adalah dampak dari terjadinya Karhutla di wilayah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut dan daerah lainnya di Kalsel.

Pada Sabtu malam (malam minggu, 25 Juni 2023) kabut asap sudah mengakibatkan jarak pandang terbatas di wilayah Lianganggang, Banjarbaru dan Gambut, Kabupaten Banjar.

“ Ya akibat Karhutla, kami malam minggu lalu harus melintasi kabut asap di Lianganggang dan di sekitar Gambut,” jelas Syamsul yang melintasi jalan A Yani dari Banjarbaru ke arah Banjarmasin.

Sementara itu berdasarkan data dari BPBD Kalsel disampaikan, bahwa sejumlah titik api akibat Karhutla telah terpantau.

Menurut Manager Pusdalops-PB BPBD Kalsel Ricky Ferdyanto, wilayah di Kalsel yang telah dilanda karhutla, yakni di Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Kabupaten Tabalong.

” Terpantau ada 2.168 titik api yang menyebar di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” ungkap Ricky Ferdyanto kepada awak media. 

Exit mobile version