Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kabut Asap Karhutla Tumbang Nusa Macetkan Lalulintas

Kabut Asap Akibat Karhutla Mengganggu Arus lalu lintas (Foto Ilustrasi).

KBK.NEWS, BANJARMASIN – Karhutla dan kabut asap makin parah, sehingga Jalan Trans Kalimantan di Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau tertutup asap serta menimbulkan kemacetan lalulintas cukup parah, Kamis (28/9/2023).

Pada hari, Kamis (28/9/2023) beredar luas di jejaring sosial kondisi kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kawasan Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng. Kabut asap yang tebal telah mengakibatkan gangguan jarak pandang para pengguna jalan, sehingga kemacetan arus lalulintas tak terhindarkan.

Panas terik matahari akibat kemarau disertai angin kencang menyebabkan Karhutla semakin menjalar ke tepi jalan raya. Hal tersebut terjadi di Desa Taruna.

“Ya lalulintas tadi sempat macet akibat sangat terbatasnya jarak pandang yang tertutup kabut asap Karhutla. Beruntungnya petugas dari kepolisian setempat mengaturnya, sehingga perlahan kemacetan bisa terurai,” ujar seorang sopir minibus tujuan Kota Palangka Raya.

Di kawasan Tumbang Nusa terlihat regu pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Pulang Pisau berupaya memadamkan Karhutla. Luasnya area yang terbakar dan angin kencang menyebabkan proses Pemadaman tidak bisa maksimal di lakukan.

Sementara itu akibat Karhutla yang masif terjadi di Kalteng ini, Kota Palangka Raya terpantau diselimuti kabut asap. Masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan masker

Exit mobile version