Site icon Kantor Berita Kalimantan

Karhutla di Kabupaten Banjar Dibantu Pemadaman Heli Water Bombing

Karhutla di Kabupaten Banjar Dibantu Pemadaman Heli Water Bombing. (Foto : BPBD Banjar)

KBK.News, MARTAPURA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di tepi Jalan Desa Guntung Papuyu, Kecamatan Beruntung Baru, berhasil dipadamkan oleh tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Minggu (13/10/2024) siang.

Tim gabungan tidak menemukan kendala dalam proses penanganan. Karhutla yang membakar vegetasi sisa batang padi di lahan persawahan tersebut ditangani oleh tim gabungan BPBD Banjar sekitar 40 menit.

Meski angin bertiup cukup kencang namun api bisa dikendalikan oleh tim gabungan hingga bisa meminimalisir luasan lahan yang terbakar hanya sekitar 200 m².

Sementara di lokasi lainnya karhutla juga terjadi di Desa Sungai Batang, Kecamatan Martapura Barat. Sebelumnya di lokasi tersebut sudah ditangani oleh BPBD Provinsi Kalimantan Selatan pada bagian tepi.

Tim gabungan BPBD Banjar yang tiba di lokasi terkendala dengan semakin jauhnya titik api yang berada di seberang sungai hingga akses yang sulit ditemukan. Di lokasi ini api berkobar cukup besar dan begitu cepat membakar vegetasi semak belukar (binderang).

Atas kendala tersebut, tim gabungan melaporkannya Pusdalops PB kemudian diteruskan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan untuk meminta bantuan dengan mengerahkan heli water bombing oleh satgas udara.

“Tidak ada akses, tidak bisa dijangkau, kita minta WB untuk penanganan,” ucap personel BPBD Banjar Zubairi.

Exit mobile version