Karhutla di Kabupaten Banjar Membakar Kebun Sawit dan Karet

1 min read

KBK.NEWS, MARTAPURA – Karhutla di Kabupaten Banjar turut membakar kebun karet dan kebun sawit yang ada di sekitar wilayah kebakaran, Sabtu (2/9/2023).

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kabupaten Banjar semakin sering terjadi. Hal tersebut diantaranya disebabkan cuaca panas yang cukup ekstrim, sehingga lahan kering dan mudah terbakar.

Informasi terbaru dari BPBD Kabupaten Banjar menyebutkan Karhutla yang terjadi juga mengakibatkan sebagian kebun karet dan kebun karet turut terbakar. Terbakarnya kebun karet dan sawit tersebut diantaranya terjadi di Desa Pasiraman, Kecamatan Mataraman.

Karhutla Membakar Kebun Sawit (Foto Humas Kabupaten) Banjar).

” Diperkirakan ada sekitar 4 hektar lahan yang terbakar, diantaranya semak belukar, pepohonan, kebun karet serta kebun sawit,” jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita, Jumat (1/9/2023).

Menurut Warsita pemadaman Karhutla dibantu Tim gabungan terdiri dari BPBD, PMI, TNI, Tagana serta warga setempat. Berkat kerjasama tersebut Karhutla lebih cepat dipadamkan dan luasan lahan yang terbakar dapat diminimalisir.

” Proses penanganan karhutla berlangsung sekitar 2 jam lamanya ya, yakni dari pukul 15.40 hingga pukul 18.00 WITA,“ pungkasnya.

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author