Kantor Berita Kalimantan

Karhutla di Sungai Tabuk Membakar Dua Unit Rumah Warga

Tim Gabungan TNI - Polri dan BPBD Kabupaten Banjar diterjunkan untuk pemadaman Karhutla di Kecamatan Sungai Tabuk.

KBK.NEWS, MARTAPURA – Dua unit rumah warga hangus terbakar akibat Karhutla di Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar dan Tim Gabungan diturunkan, Minggu (10/9/2023).

“Ada 2 unit rumah yang turut terbakar yang berada di RT 02  Jalur 7, yakni milik H Sanusi dan Sugi. Beruntungnya rumah tersebut adalah rumah kosong yang sudah sejak lama tidak dihuni oleh pemiliknya,” jelas Peres, warga Desa Abumbun Jaya.

Rumah warga turut terbakar akibat Karhutla di Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Minggu (10/9/2023).

Di lapangan terpantau Tim Gabungan darat dan udara diterjunkan untuk memadamkan puluhan hektar Karhutla yang terjadi di Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan Transmigrasi Angkatan Laut di Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Lahan yang terbakar mendekati perumahan penduduk, sehingga kepanikan warga tak terhindarkan.

Beruntungnya tim relawan dari sejumlah Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dengan cepat datang membantu untuk melokalisir untuk menyelamatkan rumah penduduk.

Karena luasnya lahan yang terbakar Tim Gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Banjar, TNI – Polri dari Kodim 1006 Banjar dan Polres Banjar juga diturunkan di lokasi Karhutla. Kemudian juga helikopter pembom air juga diturunkan bersama Tim Gabungan akhirnya mampu menjinakkan api, sehingga Karhutla tidak semakin meluas.

Pantauan langsung di lapangan tampak hadir langsung memadamkan Karhutla, yakni Kepala BPBD Kabupaten Banjar Warsita, Danramil Sungai Tabuk Kapten Inf Bony Chandra, Kapolsek Sungai Tabuk Iptu Sumari.

Exit mobile version