Karhutla Makin Sering Terjadi, BPBD Palangka Raya Ajukan Penambahan Personel

2 min read

PALANGKA RAYA – Peristiwa kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kota Palangka Raya meningkat, sehingga BPBD setempat mengajukan penambahan personel, Kamis (3/8/2023).

Kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam sepekan ini di Kota Palangka Raya makin meningkat.

Hari Rabu, (2/8/2023) sudah terdapat empat titik lokasi Karhutla, yakni di Jalan Victoria, Jalan Cassadova, Jalan Perintis dan jalan Riwut Tarung. Karhutla ini terjadi hampir di waktu yang bersamaan dan jarak lokasi yang berjauhan menyulitkan petugas dalam upaya pemadaman.

Terkait hal tersebut Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan, Karhutla yang terjadi  dalam sepekan terakhir akibat cuaca yang sangat panas. Kondisi itu membuat lahan makin kering dan sangat mudah terbakar.

Sampai saat ini, beber Emi, sudah terjadi 87 kali kebakaran dengan luasan lahan yang terbakar kurang lebih 46 hektar.

Untuk menanggulangi banyaknya kejadian karhutla yang terjadi dalam waktu bersamaan, beber Kepala BPBD Palangka Raya ini, pihaknya mengajukan personel tambahan.

“Saat ini sedang kita ajukan kepada pimpinan untuk penambahan personel karena hari ini saja sudah empat kali terjadi kebakaran lahan,” jelasnya.

Dengan tambahan personel ini nantinya diharapkan mampu memperkuat petugas lapangan dalam upaya pemadaman lahan dengan cepat.

“Hal ini dilakukan karena sumber daya manusia dan personel tambahan ini sangat diperlukan sekali dalam upaya pemadaman. Jadi nantinya ada 150 personel tambahan yang turut membantu mengatasi karhutla ini,” pungkasnya.

Sumber :  (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author