Site icon Kantor Berita Kalimantan

Karhutla Mulai Terjadi di Wilayah Tumbang Nusa Kalteng

KBK.NEWS, PULANG PISAU – Ancaman Karhutla mulai terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) kebakaran terpantau di kawasan Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Jumat (21/6/2024).

Kebakaran hutan dan lahan kembali mengancam di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Informasi terbaru telah terjadi Karhutla di Jalan Trans Kalimantan Km 32 di Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (20/6/2024).

Karhutla yang terjadi di Tumbang Nusa ini tidak sempat menjalar terlalu jauh, akibat kesigapan Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng.

Kepala Pelaksana BPBPK Provinsi Kalteng, Ahmad Toyib menyampaikan, bahwa karhutla yang terjadi di Tumbang Nusa sudah terjadi sejak 18 Juni 2024 lalu. Pihaknya dan melalui Tim Respon BPBPK Kalteng, Damkar Dishut Kalteng, TNI – Polri, BPBD Pulang Pisau, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Jabiren berhasil memadamkan Karhutla.

Menurut mengungkapkan, luas lahan yang terbakar di kawasan Tumbang Nusa diperkirakan mencapai 3,74 hektar.

” Luas lahan yang dipadamkan sekitar 0,57 hektar dan itu lahan kosong. untuk potensi penyebaran karhutla terpantau nihil dan di lokasi lahan tersebut ada tiang sutet PLN,” terangnya, Kamis (20/6/2024).

“Alhamdulilah, kondisi terakhir lokasi Karhutla tersebut hari ini sesudah dilakukan pemadaman, sudah padam tuntas,” pungkasnya.

Sumber : MMC Kalteng.

Exit mobile version