Kantor Berita Kalimantan

Karnaval Budaya Kalteng 2024 Disambut Meriah

Karnaval Budaya Kalteng 2024 (Foto MC Kota Palangka Raya).

KBK.NEWS, PALANGKA RAYA – Karnaval Budaya yang menjadi salah satu bagian dari Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 yang digelar Pemprov Kalteng disambut meriah masyarakat Kota Palangka Raya, Senin (20/5/2024).

Kemeriahan HUT ke-67 Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan menampilkan sejumlah kegiatan seni dan budaya melalui FBIM 2024 masih berlanjut.

Pada sesi ‘Karnaval Budaya’  Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2024 nampak sangat meriah dan menjadi tontonan yang ditunggu oleh masyarakat.

Ribuan masyarakat menyaksikan Karnaval Budaya yang digelar di kawasan Bundaran Besar hingga sepanjang Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya yang menjadi rute utama even ini, Minggu (19/5/2024).

Karnaval budaya yang menjadi bagian dari FBIM 2024 ini dibuka secara resmi Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. Dalam sambutannya Sugianto Sabran
menyatakan, bahwa acara tahunan FBIM bertujuan mengangkat keberagaman dan kekayaan budaya masyarakat di Kalteng, diantaranya tarian, musik, kerajinan tangan, dan aneka tradisi lainnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (Foto MC Kota Palangka Raya).

Karnaval Budaya yang digelar di Festival Budaya Isen Mulang, beber Sugianto Sabran, untuk melestarikan budaya masyarakat Kalteng. Selain itu juga untuk memperkokoh ketahanan budaya.

“Karnaval Budaya ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalteng, untuk memperkokoh ketahanan budaya yang kita miliki,” jelas Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, Minggu (19/5/2024).

Rombongan Karnaval Budaya yang diikuti dari kabupaten/kota, dunia usaha, badan usaha, paguyuban dan sanggar seni, serta perangkat daerah yang ada di Kalteng.

Puluhan mobil hias dan ribuan peserta tampak menyajikan atraksi kebudayaan khas daerah Kalteng bagi para penonton.

H Sugianto Sabran juga menyampaikan pesan agar masyarakat bangga, karena memiliki keberagaman budaya yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Kalteng.

“Karnaval budaya harus mampu diinovasikan. Terutama dengan sentuhan industri kreatif yang memadukan unsur tradisional, kearifan lokal dan kreativitas modern,” beber Sugianto Sabran yang 2 periode memimpin Kalteng ini.

Sumber MC Kota Palangka Raya

Exit mobile version