KECAMATAN JADI UJUNG TOMBAK PEMERINTAHAN

MEWUJUDKAN PEMERINTAH KECAMATAN SEBAGAI
PUSAT PELAYANAN KEMASYARAKATAN
 
Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar terus berupaya untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Upaya strategis guna peningkatan pelayanan publik ini perlu didukung dengan penyusunan perencanaan anggaran berbasis kinerja di kecamatan.
Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Banjar Hari Supriadi saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis Penyusunan Perencanaan Anggaran Berbasis Kinerja Di Kecamatan pada Selasa, 2 Nopember 2013 di Aula Barakat Pemkab Setempat.
Menurut Hari Supriadi, Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat disertai dengan penyediaan pembiayaan, sarana dan prasarana dan sebagainya, sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan dan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Banjar. Selama ini pembiayaan, sarana dan prasarana, pegawai dan dokumen/arsip disesuaikan dengan kondisi dan kemapuan keuangan daerah dengan mempertimbangkan luas wilayah, jumlah penduduk dan karakteristik masyarakat.
Menurutnya, Sebagai tolok ukur keberhasilan kinerja kecamatan, diperlukan penyusunan IKU (Indikator Kinerja Utama) kecamatan yang didalamnya terdapat target pencapaian setiap tahun dan setiap lima tahunan termuat pada Rencana Strategis (Renstra) kecamatan, sebagai bahan penyusunan perencanaan anggaran berbasis kinerja di kecamatan.
Karenanya Hari Supriyadi Mengingatkan, para aparatur kecamatan sangat penting diberikan pembekalan dalam upaya peningkatan wawasan, pengetahuan dan kemampuan kepada para pejabat pelaksana di kecamatan dalam hal penyusunan perencanaan berbasis kinerja tahun 2014, melalui Bimbingan Teknis Penyusunan Perencanaan Anggaran Berbasis Kinerja Kecamatan Lingkup pemerintah Kabupaten Banjar.
Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Banjar Mada Teruna selaku ketua Panitia Kegiatan Bimbingan Teknis melaporkan, Bimbingan Teknis Penyusunan Perencanaan Anggaran Berbasis Kinerja Kecamatan Lingkup pemerintah Kabupaten Banjar dimaksudkan untuk mempersiapkan personil pelaksana ditingkat kecamatan yang handal, dan berwawasan luas dalam rangka penysusunan anggaran berbasis kinerja di kecamatan.
Selain itu, melalui kegiatan tersebut para aparatur kecamatan dapat memahami arti penting penyusunan perencanaan anggaran berbasis kinerja di kecamatan, serta melalui Bimbingan teknis tersebut para aparatur kecamatan juga dapat mengetahui keberhasilan kinerja pemerintah kecamatan melalui pencapaian target pada tolok ukur indikator kinerja utama (IKU) kecamatan sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan di Daerah . (sayuti humas)

admin

Redaktur KBK.NEWS

Berita Terkait

More From Author