Kecamatan Sambung Makmur Juara Umum MTQN XLVI Tingkat Kabupaten Banjar

2 min read

MARTAPURA – Ditutup resmi oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur, kontingen asal Kecamatan Sambung Makmur keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLVI Tingkat Kabupaten Banjar Li Syi’aril Islam tahun 2023, di Kecamatan Gambut, Senin (7/8/2023) malam.

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, bahwa kegiatan MTQ ini merupakan perwujudan visi misi Pemkab Banjar yakni Maju Mandiri dan Agamis (MANIS).

Agamis, lanjut Saidi adalah menciptakan masyarakat yang berakhlakul karimah dan religius, gemar baca Al quran dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari hari.

”Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan MTQN di Kecamatan Gambut. Saya berharap momentum ini dapat membangkitkan gairah umat dalam mengamalkan nilai-nilai Al quran dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Saidi Mansyur.

Dengan suksesnya penyelenggaraan MTQ, Saidi mengucapkan selamat kepada para pemenang dan panitia yang sudah berjuang menyelenggarakan MTQN tingkat Kabupaten Banjar.

“Dan bagi yang kalah, jangan berputus asa dan terus berlatih agar meningkatkan skillnya hingga mampu menjadi juara di MTQ berikutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri bersyukur dan turut mengapresiasi atas kesuksesan pelaksanaan MTQ tersebut.

Menurutnya even ini bertujuan sebagai wahana memotivasi peserta untuk bisa berprestasi, sehingga pihaknya bisa menyiapkan kader-kader yang siap berkompetisi pada even MTQ tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

” Semua pemenang cabang lomba akan kami berikan pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas kader sebanyak 16 kali pertemuan di Islamic Center Martapura . Dilanjutkan dengan dua kali TC oleh dewan hakim kabupaten dan provinsi sebagai pelatih,” ungkapnya.

Berdasarkan surat keputusan dewan hakim Kecamatan Sambung Makmur juara umum dengan poin 78. Juara umum perseorangan cabang Hifzil Quran 20 juz atas nama Asraful Azkia, juara favorit M Fikri Hanif dari Kecamatan Kertak Hanyar, sedangkan juara pawai taaruf diraih Kecamatan Sungai Tabuk.

Penutupan ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur kepada camat Sambung Makmur Yuana Karta Abidin sebagai juara umum MTQN XLVI tahun 2023. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera LPTQ oleh Wabub Banjar Habib Idrus Al Habsyie kepada Kecamatan Sungai Tabuk yang terpilih menjadi tuan rumah MTQN XLVII tingkat Kabupaten Banjar tahun 2024. (mcbjr)

Berita Terkait

More From Author