Site icon Kantor Berita Kalimantan

Keindahan Pulau Derawan Destinasi Wisata Perlu Dilestarikan

KBK.NEWS BERAU KALTIM – Keindahan dan keelokan Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menjadi destinasi menjadi perhatian Pemrov Kaltim untuk dijaga kelestariannya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim terus melakukan pengawasan ataupun monitoring dan pelestarian terhadap destinasi wisata bahari salah satu diantaranya Pulau Derawan.

Hal tersebut diungkapkan Yuliana Nidyasari, Fungsional Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Muda Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim di sela monitoring di Pulau Semama di perairan kawasan zona inti, Kamis (10/10/2024).

Menurut Yuliana kawasan konservasi pulau-pulau kecil di Wilayah Pesisir Kepulauan Derawan dan perairan sekitarnya yang terletak di Kabupaten Berau perlu dijaga dan dilestarikan. Apalagi kawasan ini merupakan destinasi wisata bahari unggulan, khususnya menjadi habitat penting bagi berbagai spesies laut seperti penyu, hiu, paus dan terumbu karang.

Yuliana mengatakan, monitoring dan pengawasan kawasan secara rutin dan berkesinambungan untuk mendeteksi potensi ancaman. Ancaman itu diantaranya penangkapan ikan ilegal, polusi laut, dan kerusakan habitat yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.

“DKP berkomitmen untuk menjaga kawasan konservasi ini tetap terjaga, mengingat pentingnya wilayah ini sebagai salah satu pusat keanekaragaman hayati laut di Indonesia,” ujar Yuli seperti dilansir dari laman Pemprov Kaltim.

Kawasan konservasi di Kabupaten Berau, beber Yuliana dengan luas 285.000 hektar ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 87 Tahun 2016.

“Melalui monitoring serta publikasi ini, kita harapkan kawasan konservasi dengan zona-zona yang telah ditentukan masyarakat lebih mengetahuinya. Kemudian bisa mengetahui dan lebih paham zona mana yang boleh untuk melakukan kegiatan dan mana yang dilarang,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, ungkap Yuliana, pihaknya telah bekerja sama dengan masyarakat setempat, khususnya nelayan dan kelompok masyarakat. Hal itu terutama yang peduli lingkungan agar ikut peduli dan berperan dalam menjaga kelestarian kawasan konservasi.

Disamping juga program-program edukasi dan peningkatan kapasitas juga terus digalakkan agar masyarakat pesisir semakin memahami pentingnya perlindungan terhadap lingkungan laut.

“Melalui kegiatan ini DKP terus mendorong langkah-langkah konservasi yang berbasis pada keseimbangan antara pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam laut demi masa depan yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Kepulauan Derawan yang berada di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur sangat dikenal keindahan dan keelokannya oleh para wisatawan lokal serta manca negara. Keindahan Pulau Derawan menjadi pusat perhatian Pemprov Kalimantan Timur untuk tetap terjaga keaslian dan kelestariannya.

Sumber : inilahbalikpapan.com

Exit mobile version