Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kesiapan Bandara SAMS Balikpapan Jelang HUT ke 79 RI di IKN

KBK.NEWS BALIKPAPAN – Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menggelar persiapan menjelang Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia RI di IKN.

Persiapan yang dilakukan pihak PT Angkasa Pura 1 Balikpapan tersebut diantaranya memberlakukan perubahan lokasi keberangkatan dan  kedatangan penumpang.

Semua kendaraan pribadi yang melakukan penjemputan di terminal kedatangan diarahkan melalui gedung parkir di lantai 1. Bagi angkutan darat yang bekerjasama dengan Bandara SAMS Sepinggan seperti Taxi, Shuttle Bus, Crew, Disabilitas, dan VIP tetap melalui flow pickup zone yang lama.

GM Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab menyampaikan, perubahan yang pihaknya adalah upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang datang. Terlebih lagi menjelang perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara akan terjadi lonjakan penumpang.

“Ini masih simulasi, kami butuh masukan dari para pengguna karena perubahan ini tidak mudah dan pasti menuai pro dan kontra. Jika ternyata merugikan pengguna, akan kami evaluasi,” ungkap Syaugi.

Hasil rapat terbaru dengan Garuda Indonesia, ungkap Syauqi, akan ada penambahan extra flight 7 pesawat besar. Selain itu, maskapai Pelita juga baru masuk.

“Kami bekerja sama dengan instansi Otband, militer dan POLRI selama sepekan untuk simulasi ini, dan ini bisa diperpanjang hingga satu bulan,” jelasnya.

Meski baru hari pertama perubahan pihaknya lakukan, dan simulasi, beber Ahmad Syaugi, namun pengumuman sudah dilakukan. Selain itu juga telah pihaknya siapkan beberpa fasilitas pendukung guna memudahkan penumpang.

“Yang kami utamakan adalah tempat parkir yang sudah siap dan lift yang berfungsi dengan baik. Di konsep baru ini, kendaraan jemputan hanya boleh menunggu tiga menit,” tambahnya.

Menueut Syauqi, perubahan yang pihaknya lakukan adalah bagian dari persiapan Balikpapan sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara. Apalagi mengingat banyak penumpang yang akan transit melalui bandara ini.

“Kami akan terus menutupi kekurangan yang ada dan memastikan semuanya berjalan lancar,” pungkas Syauqi.

Informasi tambahan, kapasitas gedung parkir Bandara SAMS Sepinggan mampu menampung 1.506 roda empat dan 828 roda dua. Sedangkan untuk parkir terbuka, tersedia kapasitas untuk 227 roda empat dan delapan bus.

Sumber : inibalikpapan.com

Exit mobile version