Site icon Kantor Berita Kalimantan

Ketua KPU RI Jadi Khatib Idul Adha 1445 H di Simpang Lima Semarang

KBK.NEWS, SEMARANG : Shalat Idul Adha 1445 H di Simpang Lima Kota Semarang menghadirkan khatib Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Senin (17/6/2024).

Ada hal yang berbeda pada pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 dibanding Idul Adha sebelumnya di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Kalau sebelumnya Shalat Idul Adha khatibnya seorang ulama atau Kyai, kali ini seorang Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Dalam ceramahnya Hasyim Asy’ari menyampaikan tentang ibadah kurban yang diawali dengan pergorbanan Nabi Sulaiman AS dengan putra Nabi Ismail. Disampaikan tentang perjuangan Nabi Ibrahim menjalankan perintah Allah SWT yang rela mengorbankan anak kesayangannya Nabi Ismail.

“Pengorbanan itu diabadikan sepanjang masa yang disebut dengan Idul Kurban, sebagai wujud taat dengan perintah Allah SWT,” ucap Hasyim Asy’ari.

Meski perintah Allah SWT sangat berat kepada Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail, namun beber Hasyim Asy’ari, keduanya berhasil lulus dari ujian. Semuanya itu berkat iman dan taqwa yang mereka miliki.

“Keduanya lulus ujian Allah SWT dan dengan kekuasaannya Nabi Ismail yang akan disembelih digantikan dengan domba kurban,” ungkap Ketua KPU RI ini.

Hadir dalam salat Idul Adha 1445 Hijriyah di Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah ini Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu juga tampak hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljana dan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana.

Shalat Idul Adha 1445 Hijriyah atau 2024 Masehi di Simpang Lima Semarang ini  dimulai pada pukul 06.30 WIB dan berakhir pada 7.10 WIB. Bertindak selaku imam pada Shalat adalah Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Semarang, KH Zaenuri.

Exit mobile version