Site icon Kantor Berita Kalimantan

Kinerja BPBD Kabupaten Banjar Makin Membaik

KBK.NEWS MARTAPURA – Kinerja yang makin membaik dilaksanakan membuat BPBD Kabupaten Banjar dalam Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) mengalami kenaikan dibanding tahun 2023 lalu, Sabtu (26/10/2024).

Laporan hasil pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM),  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar tahun 2024 dilaporkan mengalami kenaikan. Hal tersebut jika diukur dengan SKM di tahun   2023. Dalam melaksanakan tugas SKM selama satu periode mulai Januari hingga Oktober 2024.

Ditinjau dari  pelaksanaan pelayanan publik di BPBD Banjar sangat baik dengan nilai 83,10. Hal itu menunjukkan konsistensi peningkatan kinerja. Sementara pada tahun 2023 nilai SKM 81,32 dengan kriteria baik.

Dari 9 unsur penilaian 3 diantaranya memiliki nilai tertinggi, yakin produk biaya dengan nilai 4,00, pengaduan pelayanan 3,40 dan kemampuan petugas pelayanan 3,28. Sedangka 3 unsur lainnya dengan nilai terendah dan menjadi prioritas perbaikan, yaitu persyaratan pelayanan, produk pelayanan dan sarana prasarana.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Banjar Agus Siswanto, Jumat (25/10/2024)  mengatakan, kenaikan SKM tersebut menunjukan bahwa standar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPBD Banjar mengalami kenaikan signifikan.

“Peningkatan ini semoga bisa mencerminkan upaya yang efektif dalam meningkatkan kualitas layanan dan respon terhadap kebutuhan masyarakat terhadap bencana,” ujarnya.

Terkait 3 unsur yang memiliki nilai rendah, beber Agus Siswanto,  akan pihaknya evaluasi, diantaranya melalui sosialisasi, edukasi, publikasi di media sosial mengenai persyaratan pelayanan, produk layanan.  Kemudian juga melalui perbaikan sarpras.

“Terkait sarpras kita sesuaikan dengan postur anggaran, sesuai dengan kemampuan anggaran yang disediakan oleh daerah, tentu kita akan penuhi,” katanya.

Exit mobile version