Site icon Kantor Berita Kalimantan

KOMINDA KABUPATEN BANJAR

PEMKOT SEMARANG DIKUNJUNGI SULTAN BANJAR
Hubungan Pemkab Banjar dan Kominda berjalan solid
Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh bersama Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA) Kabupaten Banjar yakni Ketua DPRD H Rusli, Kapolres AKBP Daru Cahyono SIK, Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Apriadi Dirbas, Kepala Kejaksaan Negeri Martapura Supardi SH, dan Ketua Pengadilan Sudjarwanto, Kepala Badan Kesbangpol Drs Syahda Mariadi MSi, serta para Kepala SKPD lainnya melakukan kunjungan kerja tentang KOMINDA ke kantor Walikota Semarang, Jum’at (29/11).
Dalam kunjungan tersebut, Bupati selaku pimpinan rombongan dengan rendah hati mengutarakan tujuan dari kunjungan mereka adalah untuk belajar secara langsung upaya strategis pembangunan kota semarang yang tumbuh pesat sekaligus bagaimana cara menjaga stabilitas daerahnya. Selain itu, ini dalam rangka menjalin kebersamaan, harmonisasi dan soliditas antara pemerintah dengan jajaran Kominda.
Kunjungan kerja ini dilatarbelakangi pula dengan adanya Pembentukan KOMINDA berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 11 tahun 2006. Dalam regulasi tersebut menyatakan, Komunitas Intelijen Daerah merupakan forum komunikasi dan koordinasi unsur Intelijen dan unsur pimpinan daerah di kabupaten. Jaringannya mulai perorangan, kelompok maupun instansi tertentu yang dapat memberikan data atau informasi tentang gangguan keamanan.
Melalui kegiatan ini, Bupati Banjar mengharapkan jajaran Intelejen dapat melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan gangguan kamtibmas, kerawanan sosial, terorisme, dan SARA di masyarakat. Dengan adanya deteksi dini, kita bisa mengantisipasi secara dini, yang Insya Allah dapat mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. 
Bupati yang juga Sultan Banjar menyampaikan walaupun ada beberapa insiden kecil, seperti demo masyarakat, namun Kabupaten Banjar masih tetap kondusif dan kerukunan antar umat beragama masih tetap terjaga. Untuk itu agar tidak terpancing terhadap isu-isu dan ajakan untuk bertindak anarkis dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan segera melaporkannya kepada pihak berwajib. Maka, Kominda Kabupaten Banjar siap untuk menjembatani berbagai permasalahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat. 
Beberapa hal lainnya, menyangkut momen pemilu legislatif yang sudah dekat, bagaimana pemkot semarang menertibkan baleho atau alat peraga kampanye hingga masalah upaya pembebasan lahan. Kepala Kesbangpol Kota Semarang Drs Kuncoro Himawan MSi menyambut baik dan sangat berbangga dengan kunjungan rombongan Forkominda Kab Banjar.
“Kami merasa sangat terhormat, apalagi yang datang adalah Bupati  langsung yang juga seorang Sultan Banjar”, ujar Himawan.
Acara kunker yang penuh keakraban tersebut diakhiri dengan saling serah terima cinderamata antar kedua belah  pihak.

Exit mobile version