Site icon Kantor Berita Kalimantan

Komisi I DPRD Minta Pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 Perlu Evaluasi

MARTAPURA – Komisi I DPRD Banjar minta agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan evaluasi agar Pilkades Serentak 2022 berjalan pelaksanaannya lebih baik dibanding sebelumnya.

Kesiapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2024 di Kabupaten Banjar disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar, Syahrialludin saat RDP dengan Komisi I DPRD Banjar. Menurut Syahrial Pemkab Banjar telah menganggarkan dana sebesar Rp 2,5 Miliar untuk pelaksanaan Pilkades sampai dengan pelantikan dan Bimtek.

“Pilkades Serentak di Kabupaten Banjar digelar di 20 kecamatan dan diikuti 177 desa. Pilkades kali ini sama dengan sebelumnya tetap menggunakan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Syahrial seusai RDP dengan Komisi I DPRD Banjar, Jumat (23/7/2022).

Kemudian, Ketua Komisi I DPRD Banjar, Abdul Razak mengingatkan kepada panitia Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Banjar untuk melakukan evaluasi agar pelaksanaannya jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Karena menurut politisi Partai Golkar ini, pada Pilkades Serentak sebelumnya banyak permasalahan, diantaranya masalah daftar pemilih.

“Saya nilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa siap melaksanakan Pilkades Serentak 2022 di Kabupaten Banjar, termasuk juga hal pendanaan. Namun, kita juga meminta kepada mereka untuk melakukan evaluasi terhadap Pilkades Serentak sebelumnya, karena ada sejumlah permasalahan terjadi dilapangan, termasuk masalah daftar pemilih tetap (DPT) yang menyebabkan warga kehilangan hak pilihnya,” pungkas Abdul Razak.

Exit mobile version