Site icon Kantor Berita Kalimantan

KPK Sambut Baik Visi dan Misi Presiden Prabowo Subianto Untuk Penguatan Iklim Politik Bebas Korupsi

KBK.NEWS JAKARTA – Visi dan Misi Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang memperkuat iklim politik lebih bersih dan bebas dari praktik koruptif disambut baik KPK.

KPK menyambut baik rencana penguatan sistem pendanaan dan pembiayaan politik yang lebih independen dan transparan, serta upaya mencegah korupsi dalam menjaga keberlangsungan demokrasi.

Langkah ini sejalan dengan visi reformasi politik yang diusung oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang bertujuan menciptakan iklim politik yang lebih bersih dan bebas dari praktik koruptif.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, menyampaikan harapannya agar reformasi hukum yang dijanjikan dapat diwujudkan secara nyata, terutama dalam memperkuat institusi penegak hukum seperti KPK, Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman. Di samping itu, KPK akan melanjutkan tugasnya tidak hanya di bidang penindakan, tetapi juga pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

“KPK akan menjadi center of excellence dalam pemberantasan korupsi, dan kami siap bekerja sama dalam pencegahan melalui edukasi antikorupsi di berbagai jenjang pendidikan, serta meningkatkan sinergi dengan sektor swasta dan publik,” ungkap Nawawi dalam keterangan tertulisnya kepada media.

Nawawi juga menegaskan tentang  pentingnya menjaga independensi KPK dan institusi hukum lainnya dalam penegakan hukum kasus korupsi.

“Independensi tanpa intervensi sangat penting untuk menjaga profesionalitas dan integritas lembaga penegak hukum, serta menjamin supremasi hukum yang adil dan transparan,” tegasnya.

Nawawi juga mengungkapkan, KPK juga mendukung komitmen pemerintah untuk memprioritaskan pemberantasan korupsi di sektor-sektor yang berhubungan langsung dengan kebutuhan hidup masyarakat. Misalnya, di sektor  pertanian, perdesaan, perikanan, pendidikan, kesehatan, kehutanan, serta pengelolaan sumber daya alam dan tenaga kerja. Bersama pemerintah, KPK akan memastikan bahwa sumber daya publik dikelola dengan baik dan bebas dari tindak pidana korupsi.

Sumber : infopublik.id

Exit mobile version