Site icon Kantor Berita Kalimantan

KPU Banjar Mulai Sortir dan Lipat Jutaan Surat Suara Pemilu 2024

KPU Banjar Mulai Sortir dan Lipat Jutaan Surat Suara Pemilu 2024. (Foto : Rizal)

KBK.News, BANJARBARU – Menjelang Pemilu legislatif dan presiden yang berlangsung tanggal 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar, mulai melakukan pelipatan surat suara, di gudang logistik KPU Banjar di Banjarbaru, Kamis (4/1/2024).

Ada 5 macam kertas surat suara yang dilipat. 5 macam surat suara tersebut yakni untuk pemilihan Presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Pelipatan kertas suara tersebut, akan dilakukan nantinya lebih dari 100 orang dengan jumlah surat suara yang akan dipakai 421.577 pemilih berdasarkan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2023 di Kabupaten Banjar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Banjar, M Noor Aripin. Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan tahapan pelipatan 5 macam kertas surat suara yakni dengan memberikan pelatihan bagaimana cara melipatnya.

“Hari ini sudah kita kumpulkan para pelipat, dan mereka diberi arahan bagaimana cara melipatnya, karena jumlah kertas surat suara yang dilipat berjumlah 2.000.000 lebih kertas surat suara untuk 5 macam kertas surat suara,” ujar Nor Aripin, Rabu (3/1/2024).

Aripin menjelaskan bahwa 1 macam kertas surat suara dengan jumlah 431.000 kertas surat suara, untuk DPT 421.577 dan ditambah 2 persen sehingga totalnya 431.000 kertas surat suara dikali 5 macam kertas surat suara.

Ia kembali menjelaskan bahwa pelipatan kertas surat suara akan dilakukan mulai besok dengan dipikiran waktu pelipatan sekitar 20 hari dan setelah itu dilanjutkan pendistribusian kertas surat suara ke TPS.

“Untuk pelipatan kertas surat suara target setiap orang diharap bisa menuntaskan sekitar 1.000 lembar per hari dengan diawasi oleh petugas dan juga diawasi oleh CCTV untuk keamanan,” pungkasnya.

Exit mobile version